This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sa'idah, Faza Makhfiyatus (2024) Penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Faza Makhfiyatus Sa'idah_06020720029.pdf Download (2MB) |
|
Text
Faza Makhfiyatus Sa'idah_06020720029_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 March 2027. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena keprihatinan peneliti melihat kondisi karakter anak usia sekolah dasar yang seringkali menjadi perhatian banyak pihak kkarena adanya beberapa tantangan dan perubahan dalam lingkungan dan budaya sosial. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di dapatkan bahwa di MI Badrussalam sudah menerapkan beberapa budaya sekolah untuk meningkatkan karakter siswanya dan menjadi tugas madrasah untuk mendidik siswanya memiliki moral dan perilaku sebagai bekal masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana: 1) Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Budaya Sekolah di MI Badrussalam Surabaya dan, 2) Dampak Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui budaya sekolah terhadap karakter siswa di MI Badrussalam Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data triangulasi sumber data guna memastikan keabsahan dan kredisbilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan PPK melalui budaya sekolah di MI Badrussalam Surabaya adalah dengan menanamkan nilai karakter religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong royong dan nilai integritas dengan mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran dan pembiasaan melalui budaya sekolah. Adapun bentuk budaya sekolah terhadap PPK di MI Badrussalam Surabaya diantaranya : adanya program literasi, membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, program pesantren, budaya 5S, peringatan PHBI/PHBN, projek siswa, kegiatan kerja bakti dan operasi semut. 2) Dampak penerapan PPK di MI Badrussalam Surabaya terhadap karakter siswa dapat dirasakan baik di dalam dan di luar sekolah. Dampak PPK terhadap nilai religius yakni siswa menjadi rajin dalam menjalankan ibadah, ikut serta dalam kegiatan keagamaan masyarakat. Nilai nasionalis; meningkatkan cinta tanah air dan semangat nasionalisme. Mandiri; mampu mengatasi tugas dan tantangan secara mandiri. Gotong royong; menjadikan siswa peduli dan dan aktif membantu sesama dan lingkungan sekitar. Integritas; menjadikan siswa bertanggung jawab, jujur dan berkomitmen
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kebudayaan Kepribadian Etika |
||||||||||||
Keywords: | Penguatan pendidikan karakter; budaya sekolah; MI Badrussalam Surabaya | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | FAZA MAKHFIYATUS SA'IDAH | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2024 04:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Mar 2024 04:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69275 |
Actions (login required)
View Item |