Pesan damai virtual opinion leader "Jae Park" di media sosial x

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtyas, Fitri Dyah (2024) Pesan damai virtual opinion leader "Jae Park" di media sosial x. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Dyah Ayuningtyas_07010220007 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fitri Dyah Ayuningtyas_07010220007 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Jejaring sosial X hadir sebagai platform yang memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menyampaikan pesan-pesan damai. Maka dengan ini, peneliti ingin membahas pesan-pesan damai penyanyi Amerika Jae Park yang berperan sebagai musisi sekaligus opinion leader di media sosial X. Pesan damai adalah sekumpulan pesan yang berisi positivitas. Menurut Johan Galtung, damai berarti sebuah kebahagian, keadilan, kesehatan, dan cita-cita tiap manusia inginkan dan muliakan. Maka, Jae Park hadir di media sosial menyebarkan pesan-pesan positif damai yang sedikit banyak berpengaruh pada orang-orang yang membacanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan jenis pendekatan menggunakan metode model pendekatan analisis wacana milik Van Dijk. Melalui analisis wacana peneliti ingin mengungkapkan maksud, makna, serta bagaimana proses dari sebuah wacana yang ditulis oleh Jae Park. Melalui tiga dimensi analisis wacana Van Dijk; dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial, ditemukan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pesan damai Jae Park terbagi menjadi empat hal yakni; menjalin hubungan dengan Tuhan, toleransi antar agama, mencegah adanya kekerasan secara verbal (hate speech), dan penerimaan diri dalam menuju individu yang sehat secara jasmani dan rohani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtyas, Fitri Dyahfitrityas60@gmail.com07010220007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNisa, Khalimatu----
Subjects: Media Sosial
Masalah sosial
Tuhan
Toleransi
Keywords: Pesan Damai; Media Sosial X; Jae Park
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Fitri Dyah Ayuningtyas
Date Deposited: 07 Apr 2024 13:24
Last Modified: 07 Apr 2024 13:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69598

Actions (login required)

View Item View Item