STUDI TENTANG PENGARUH AKTIVITAS SENI TEATER TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANGGOTANYA : STUDI KASUS DI UNIT KEGIATAN TEATER HASTASA SENAT MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jaeni, Jaeni (2000) STUDI TENTANG PENGARUH AKTIVITAS SENI TEATER TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANGGOTANYA : STUDI KASUS DI UNIT KEGIATAN TEATER HASTASA SENAT MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: aktivitas aktivitas seni tearet yang bagimanakah yang dilakukan di teater Hastasa, bagaimana prestasi belajar anggota Teater Hastasa, dan adakah pengaruh aktitivitas-aktivitas seni Teater Hastasa terhadap prestasi belajar anggotanya. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini dengan populasinya anggota teater sebanyak 102 orang, sedang sampelnya diambil 20% atau sebanyak 20 orang. Jenis dan sumber data berasal dari data primer (sumber data inti), dan sumber data skunder (data pendukung). Pengimpulan datanya dengan metode observasi, interview, dokumentasi, dan metode angket. Sedang analisa data menggunakan rumus chi kwadrat.Penelitian memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) dunia pendidikan seni tidak mudah diwujudkan hanya dengan hayalan. Di teater Hastasa sendiri aktivitas-aktivitas seni teater yang dikembangkan diantaranya adalah, latihar teater dan kajian sashanya studi lesehan Hastasa (SALEHA), pementasan teater, pementasan cerpus (cerita puisi), pesantren Ramadhan, pameram karya, menyambut hari ulang tahun Hastasa dan masih banyak lainnya, (2) setelah melihat tabel tentang aktivitas Teater Hastasa yang rnembantu prestasi belajanya ternyata jawaban a dijauab 12 responden, sedangkan jawaban b dan c masing-masing dijawab 5 responden dan ini dibuktikan dengan table VII tentang indeks prestasi terakhir (setelah menjadi anggota teater Hastasa) dan alternatif jawaban 3.00 - keatas dijawab 9 responden, jawaban 250 – 300 dijawab 9 responden sedang jawaban 200 - 250 dijawab 4 responden, padahal sebelumnya (sebelum meniadi anggota teater Hastasa) dalam table XII menunjukkan jawaban 100 - keatas dijawab 9 responden, jawaban 250 - 300 dijawab 7 responden dan jawaban 2.00 - 250 dijawab 7 responden juga. Dengan demikian prestasi belaiar anggota Teater Hastasa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya meningkat sekitar 60% (3) pengaruh aktivitas seni Teater Hastasa terhadap prestasi belajar anggotanya cukup berarti. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kwadrat yaitu db. Dengan taraf signifikansi 5% dengan tabel adalah 3,84 sedangkan Xo2 diperoleh dengan nilai 6,6 jadi Xo2 = Xt2 atau sama dengan 6.6 > 3.84. hal ini menunjukkan ada pengaruh. Adapun nilai koefisien korelasi (kk) adalah 0.48 yang masuk pada criteria hubungan cukup berarti (ada pengaruh).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syarwani Ichsan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jaeni, JaeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Keywords: Seni teahter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:59
Last Modified: 23 Jun 2016 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6970

Actions (login required)

View Item View Item