Pengaruh green product, brand image, dan online customer review pada minat beli ulang produk Skincare The Body Shop di Shopee dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2024) Pengaruh green product, brand image, dan online customer review pada minat beli ulang produk Skincare The Body Shop di Shopee dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisyah_08030320073 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Aisyah_08030320073 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Green Product, Brand Image, dan Online Customer Review Pada Minat Beli Ulang Produk Skincare The Body Shop di Shopee Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi” penelitian ini berawal dari berkembangnya industri teknologi dan sosial mampu membuat perilaku kebutuhan manusia juga ikut berubah, salah satunya kebutuhan manusia akan kecantikan. Produk kecantikan termasuk salah satu produk FMCG. Saat ini perusahaan tidak hanya fokus menciptakan produk, melainkan juga ikut andil dalam melestarikan lingkungan. Salah satunya yaitu The Body Shop. The Body Shop adalah produk skincare ramah lingkungan yang berbahan dasar alami tanpa adanya bahan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari hasil kuisioner, sedangakn untuk data sekunder diperoleh dari jurnal,website, dan buku. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Perhitungan didapat dari jumlah sampel sebanyak 300 responden yang telah membeli ulang produk skincare The Body Shop di Shopee. Dalam menguji instrument dan hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analysis Structural Equation Modelling (SEM) berbasis varians yakni Partial Least Square (PLS) versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel green product dan brand image memiliki pengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan konsumen. Sebaliknya variabel online customer review tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel green product dan brand image tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang, sedangkan online customer review memiliki pengaruh pada minat beli ulang. Peran variabel mediasi dalam penelitian ini memiliki pengaruh full mediation yaitu green product terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada produk skincare The Body Shop di Shopee. Sedangkan variabel brand image dan online customer review terhadap miat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada produk skincare The Body Shop di Shopee memiliki pengaruh partial mediation. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan agar dapat dapat terus konsisten melakukan promosi produk dengan selalu memberikan informasi seputar lingkungan, dapat mempertahankan serta meningkatkan citra merek positif yang dimilikinya, meningkatkan minat beli konsumen dengan cara konsisten memberikan informasi yang up-to-date mengenai produk. Sehingga akan muncul minat beli ulang konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitisaisyaaah.16@gmail.com08030320073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAini, Saqofa Nabilahsaqofa.nabilah.aini@uinsby.ac.id199301092020122028
Subjects: Manajemen
Media Sosial
Bisnis
Keywords: Green product; brand image; online customer review; minat beli ulang; kepuasan konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:15
Last Modified: 07 Aug 2024 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69739

Actions (login required)

View Item View Item