Tindakan diskriminasi pada penyandang Disabilitas dalam Film Miracle In Cell No. 7 Karya Hanung Bramantyo: analisis semiotika Model John Fiske

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Hana Maulidina Diah (2023) Tindakan diskriminasi pada penyandang Disabilitas dalam Film Miracle In Cell No. 7 Karya Hanung Bramantyo: analisis semiotika Model John Fiske. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hana Maulidina Diah Mahmudah_B75218058 OK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Hana Maulidina Diah Mahmudah_B75218058 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang isu sosial yang masih marak terjadi di masyarakat yakni tindakan diskriminasi pada penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tanda dan makna yang digunakan untuk menggambarkan realitas, representasi, serta ideologi tindakan diskriminasi langsung maupun tidak langsung pada penyandang disabilitas yang terdapat dalam film Miracle in Cell No. 7 karya Hanung Bramantyo.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks media, dengan semiotika John Fiske sebagai model analisis data yang memiliki tiga level proses pengodean yakni level realitas, level representasi, serta level ideologi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pada level realitas tindakan diskriminasi pada penyandang disabilitas ditampilkan melalui kode ekspresi, kode gesture/Bahasa tubuh, serta kode suara. Pada level representasi tindakan diskriminasi pada penyandang disabilitas ditampilkan melalui kode pengambilan gambar. Lalu pada level ideologi tindakan diskriminasi pada penyandang disabilitas ditampilkan melalui kode dialog pada film yang menunjukkan adanya ideologi ableism dan ideologi otoriter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Hana Maulidina Diahhanamaulidina16@gmail.comB75218058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Masalah sosial
Penyandang Cacat
Film
Keywords: Diskriminasi Penyandang Disabilitas; Film; Analisis Semiotika John Fiske
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hana Maulidina
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:36
Last Modified: 25 Apr 2024 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69832

Actions (login required)

View Item View Item