Representasi bullying perempuan dalam film My Nerd Girl: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Ana Nisaul (2023) Representasi bullying perempuan dalam film My Nerd Girl: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Nisaul Mufidah_B75219044 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ana Nisaul Mufidah_B75219044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi bullying terhadap perempuan dalam fil “my nerd girl” dengan menggunakan pendekatan teori Representasi. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan pendekatan paradigma kritis. Data penelitian diperoleh melalui analisis konten film “My Nerd Girl” yang dirilis pada tahun 2022. Analisis Roland Barthes digunakan sebgai kerangka teoritis untuk menganalisis tanda-tanda dan symbol-simbol yang ada dalam film dan menggunakan makna yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film “My Nerd Girl” menggambarkan bullying terhadap perempuan melalui berbagai elemen naratif. Karakter utama perempuan yang sering digambarkan sebagai seorang “nerd” atau “girl”, menghadapi pelecehan verbal, pengucilan sosial, dan tindakan diskriminatif dari karakter-karakter lain dalam film. Representasi ini tercermin melalui dialog, interaksi sosial, dan sikap karakter-karakter lain terhadap perempuan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Ana Nisaulananisaulm8@gmail.comB75219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Wanita
Film
Keywords: Representasi; bullying; film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ana Nisaul Mufidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:34
Last Modified: 30 Apr 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69872

Actions (login required)

View Item View Item