Analisis konten hashtag #Ganjarpenerusjokowi: dalam kerja politik menuju Pilpres 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanti, Khusnaini Indah (2024) Analisis konten hashtag #Ganjarpenerusjokowi: dalam kerja politik menuju Pilpres 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnaini Indah Yanti_10020120048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Khusnaini Indah Yanti_10020120048_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis konten terhadap penggunaan hashtag #Ganjarpenerusjokowi dalam kerja politik menuju Pilpres 2024 di Indonesia. Dengan memanfaatkan metode analisis konten, penelitian ini melibatkan pengumpulan dan evaluasi data dari platform media sosial, khususnya Twitter dan Instagram untuk memahami dinamika dan dampak hashtag tersebut dalam konteks politik. Peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi pola-pola utama, narasi dan sentimen yang muncul dalam penggunaan hashtag tersebut. Dengan menggunakan kerangka penelitian Jennifer Earl dan Jurgen Hebermas yang ditujukan untuk menganalisis bagaimana aktivisme digital dalam ruang publik virtual dengan menggunakan label hashtag tersebut dapat mempengaruhi opini publik dan memantik narasi politik yang terkait dengan potensi kandidat yang dapat mempengaruhi prefensi pemilih terhadap isu-isu politik. Berdasarkan data yang diperoleh melalui analisis konten #Ganjarpenerusjokowi dan data lapangan, faktanya peneliti menemukan #Ganjarpenerusjokowi tidak mewakili secara menyeluruh mobilisasi dukungan dukungan di masyarakat . akan tetapi hanya dapat menggerakkan jari-jari netizen dalam media sosial untuk menyuarakan berbagai pendapat yang berbeda. Penggunaan hashtag cenderung terkonsentrasi di anatara kelompok atau komunitas yang memiliki pandangan serupa dalam interpretasi perbincangan hashtag tersebut. Akan tetapi, perhatian terhadap fokus perbincangan dinamika hashtag juga tidak selalu konsisten dan sangat bergantung pada dinamika politik seperti tren waktu, konteks isu dan partisispasi aktivisme digital yang dapat mempengaruhi sejauh mana sebuah hashtag dapat mempertahankan atau kehilangan perhatian publik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanti, Khusnaini Indahindahyantixx@gmail.com10020120048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrakasita, Ajeng Widyaajengwidyaprs@gmail.com2023029502
Subjects: Media Sosial
Politik
Demokrasi
Keywords: Analisis konten; #Ganjarpenerusjokowi; aktivisme digital; ruang publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Khusnaini Indah Yanti
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:35
Last Modified: 26 Aug 2024 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69921

Actions (login required)

View Item View Item