Penafsiran atas Tafsir Ibnu Katsir oleh Ustadz Abu Bassam Oemar Mita di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryani, Atik (2024) Penafsiran atas Tafsir Ibnu Katsir oleh Ustadz Abu Bassam Oemar Mita di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atik Suryani_07020320033 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Atik Suryani_07020320033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ramainya mediatisasi al-Qur‘an yang membuka peluang bagi banyak orang untuk melakukan interpretasi dengan mengerahkan ekspresinya atas al-Qur‘an di media sosial. Diantara media sosial yang populer dan mencakup semua kalangan ialah youtube. Channel youtube @OemarMitaSyameela merupakan channel youtube yang didalamnya memiliki beberapa video yang di dalamnya berisi tafsir al-Qur’an. Pemilik akun ini menggunakan Tafsir Ibnu Katsir sebagai rujukan pada video kajian tafsir al-Qur‘an di dalamnya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gaya pembacaan Tafsir Ibnu Katsir oleh Ustadz Abu Bassam Oemar Mita di youtube, 2) Bagaimana relevansi kajian tafsir Ustadz Abu Basssam Oemar Mita dengan konteks masa kini. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (lybrary research) dengan menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendalam. Penelitian ini memperoleh dua hasil. 1) Gaya pembacaan Ustadz Oemar Mita pada channel youtubenya dilakukan dengan metode ceramah dan menggunakan metode al-ijma>li> dengan gaya penyampaiannya menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana, menggunakan contoh-contoh konkret dan aktual, mengaitkan ayat al-Qur‘an dengan ayat lain dan hadis, menambahkan contoh pada kehidupan sehari-hari, dan penyampaiannya yang penuh semangat dan antusiasme. 2) Ustadz Oemar Mita menyajikan penafsiran sarat akan makna dan relevan dengan konteks saat ini. Ia memadukan dengan kepakaran agama dengan pemahaman kontemporer, gaya bahasa yang menarik, dan aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari sehingga membantu audiens memahami makna ayat yang dikaji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryani, Atiksuryaniatik82@gmail.com07020320033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsa.ac.id2006075901
Subjects: Media Sosial
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir; Youtube; Abu Bassam Oemar Mita; Ibnu Katsir; relevansi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Atik Suryani
Date Deposited: 30 May 2024 02:23
Last Modified: 30 May 2024 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70334

Actions (login required)

View Item View Item