Pengaruh religiusitas, branding halal, dan harga terhadap keputusan wisatawan menggunakan jasa travel Cheria Halal Holiday cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Zamrotin Aulan (2024) Pengaruh religiusitas, branding halal, dan harga terhadap keputusan wisatawan menggunakan jasa travel Cheria Halal Holiday cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zamrotin Aulan Nisak_08001420035 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Zamrotin Aulan Nisak_08001420035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara urutan nomor satu dengan jumlah penduduk terbanyak didunia. Surabaya menempati urutan nomor satu kota dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di Jawa Timur. Semakin banyak jumlah penduduk muslim, semakin banyak juga kebutuhan orang muslim salah satunya yaitu pariwisata yang ditunjang oleh travel halal. Travel halal di Surabaya salah satunya adalah travel Cheria Halal Holiday yang merupakan pelopor travel halal pertama di Indonesia yang masih dirasa memiliki wisatawan masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel bebas yaitu religiusitas, branding halal, dan harga terhadap variabel independen yaitu keputusan menggunakan jasa Cheria Halal Holiday. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dijelaskan dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan jumlah sampel responden 60 resonden, dengan kriteria merupakan orang dengan agama islam, pernah menggunakan jasa travel Cheria Halal Holiday, dan juga aktif di media sosial. Adapun untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan alat bantu statistika yaitu aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga variabel bebas (religiusitas, branding halal, dan harga) memiliki pengaruh secara signfikan dan positif terhadap keputusan menggunakan jasa travel Cheria Halal Holiday cabang Surabaya dengan nilai signifikan secara berturut-turut sebesar 0.005, 0.043, 0.000. selain itu ketiga variabel ini secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa travel Cheria Halal Holiday cabang Surabaya ditunjukan dengan adanya niai signifikansi dari uji f atau anova sebesar 0,000 < 0,05. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan beberapa saran untuk jasa travel Cheria Halal Holiday untuk membuat target wisatawan setiap bulannya agar nantinya bisa diadakan evaluasi mengenai wisatawannya, selanjutnya diharapkan travel ini lebih meningkatkan pemasarannya agar Cheria Halal Holiday bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat sekitar, dan juga bagi penelitian selanjutnya diharapkan bisa melanjutkan penelitian ini dengan menambahkan jumlah responden dan juga menambah variabel lain, agar penelitian ini bisa lebih disempurnakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Zamrotin Aulanwulannisa19@gmail.com08010420035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihin, M. Dliyaulmdliyaulmuflihin@gmail.com2105019402
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Pariwisata
Keywords: Religiusitas; branding halal; harga; Cheria Halal Holiday
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Zamrotin Aulan Nisak
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:44
Last Modified: 06 Jun 2024 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70436

Actions (login required)

View Item View Item