Representasi pesan dakwah akidah dalam akun instagram @akadkita.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nur Fitri Ana (2024) Representasi pesan dakwah akidah dalam akun instagram @akadkita.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitri Ana Sari_04020120054.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Fitri Ana Sari_04020120054_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi pesan dakwah akidah dalam akun instagram @akadkita.id. Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam skripsi ini ialah apa representasi pesan dakwah akidah dalam akun instagram @akadkita.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori semiotika model Charles Sanders Peirce. Teori ini melalui tiga aspek pemaknaan, yaitu representament, object, dan interpretant. Data yang dikumpulkan berupa postingan gambar dalam akun instagram @akadkita.id. Hasil penenelitian ini menunjukkan bahwa terdapat representasi akidah dalam postingan gambar akun instagram @akadkita.id yang ditunjukkan dengan beberapa muatan iman. Iman kepada Allah SWT yang ditunjukkan dengan gambar yang mengandung pesan tentang ibadah di bulan Ramadhan, rasa takut sendirian, menunda taubat, niat dan doa, iman kepada Kitab Allah SWT yang ditunjukkan dengan Al-Qur’an, iman kepada Rasul Allah SWT yang ditunjukkan dengan pesan tentang melaksanakan Sunnah-Sunnah Nabi SAW., dan iman kepada Qada’ dan Qadar Allah SWT yang ditunjukkan dengan pesan tentang kematian, jodoh, hidup hanya sementara, dan berlebihan dalam penampilan. Rekomendasi dari penelitian ini agar peneliti selanjutnya mengembangkan pendekatan penelitian menggunakan metode lain seperti kuantitatif guna mengetahui pengaruh postingan akun terhadap keimanan seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Nur Fitri Anaanasfitri404@gmail.com04020120054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Dakwah > Semiotika
Media Sosial
Keywords: Representasi; akidah; instagram; semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Fitri Ana Sari
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:28
Last Modified: 03 Jul 2024 05:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71193

Actions (login required)

View Item View Item