Pengaruh model pembelajaran kontekstual (contextual teaching & learning) terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa di kelas II MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Muhammad Muzakky Adi Rangga (2024) Pengaruh model pembelajaran kontekstual (contextual teaching & learning) terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa di kelas II MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Muzakky Adi Rangga Saputra_06040720085 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Muzakky Adi Rangga Saputra_06040720085 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi awal peneliti bersama guru kelas II menunjukkan bahwa peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jawa, hal ini dilihat pada saat observasi peserta didik yang semakin lama semakin jenuh dan merasa bosan sehingga kelas menjadi tidak kondusif. Berdasarkan hal tersebut, guru mencoba menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran bahasa Jawa dan peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching & learning) terhadap motivasi belajar bahasa Jawa di kelas II MIN 1 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar materi tembang dolanan sebelum dan sesudah model pembelajaran kontekstual kelas II MIN 1 Sidoarjo dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas II MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kontekstual sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar bahasa Jawa peserta didik kelas II MIN 1 Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 peserta didik yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner/ angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas, uji normalitas, uji homogenistas, dan uji independet sampel t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pretest kelas eksperimen sebesar 70,43, sedangkan kelas kontrol sebesar 69,64. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,36, sedangkan kelas kontrol 77,93. Dari hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,036 < 0,05, sehingga H0 ditolak Hi diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar bahasa Jawa di kelas II MIN 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Muhammad Muzakky Adi Ranggamuzakkyadi67@gmail.com06040720085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pengajaran
Budaya
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual; Motivasi Belajar Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Muzakky Rangga
Date Deposited: 09 Jul 2024 00:37
Last Modified: 09 Jul 2024 00:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71325

Actions (login required)

View Item View Item