This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Saputra, Muhammad Muzakky Adi Rangga (2024) Pengaruh model pembelajaran kontekstual (contextual teaching & learning) terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa di kelas II MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Muzakky Adi Rangga Saputra_06040720085 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Muhammad Muzakky Adi Rangga Saputra_06040720085 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2027. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi observasi awal peneliti bersama guru kelas II menunjukkan bahwa peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jawa, hal ini dilihat pada saat observasi peserta didik yang semakin lama semakin jenuh dan merasa bosan sehingga kelas menjadi tidak kondusif. Berdasarkan hal tersebut, guru mencoba menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran bahasa Jawa dan peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching & learning) terhadap motivasi belajar bahasa Jawa di kelas II MIN 1 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar materi tembang dolanan sebelum dan sesudah model pembelajaran kontekstual kelas II MIN 1 Sidoarjo dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas II MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kontekstual sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar bahasa Jawa peserta didik kelas II MIN 1 Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 peserta didik yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner/ angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas, uji normalitas, uji homogenistas, dan uji independet sampel t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pretest kelas eksperimen sebesar 70,43, sedangkan kelas kontrol sebesar 69,64. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,36, sedangkan kelas kontrol 77,93. Dari hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,036 < 0,05, sehingga H0 ditolak Hi diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar bahasa Jawa di kelas II MIN 1 Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan > Penelitian Penelitian Pengajaran Budaya |
||||||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual; Motivasi Belajar Bahasa Jawa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Muzakky Rangga | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 00:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 00:37 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71325 |
Actions (login required)
View Item |