This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sunhadi, Dio Kharisma (2024) Dampak digitalisasi terhadap peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja usaha mikro kecil sektor jasa: studi kasus UMK di Kelurahan Sidokare Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dio Kharisma Sunhadi_08010120007 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Dio Kharisma Sunhadi_08010120007 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 July 2027. Download (2MB) |
Abstract
UMK sektor jasa menawarkan peluang yang menarik bagi wirausaha baru. tanpa perlu modal besar dan persediaan barang. UMK sektor jasa dapat berkembang seiring perubahan gaya hidup dan teknologi, mengikuti kebutuhan masyarakat yang serba praktis dan cepat serta masyarakat yang semakin mengandalkan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari, maka tidak heran bahwa mobilitas pemasaran melalui digitalisasi telah menjadi pilihan utama oleh beberapa pengusaha bisnis UMK sektor jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digitalisasi dalam pemasaran UMK sektor jasa, serta untuk mengetahui dampak digitalisasi dalam meningkatkan pendapatan, dan untuk mengetahui peran UMK tersebut dalam penyerapan tenaga kerja di kelurahan Sidokare. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 5 jenis usaha seperti laundry, cuci sepatu, cuci helm, potong rambut, dan cuci tas yang berada di wilayah Sidokare, kabupaten Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi.Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa digitalisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan UMK di sektor jasa. Penggunaan platform digital seperti WhatsApp Business, Instagram, dan Facebook sangat efektif dalam mempromosikan layanan online, dampak positif digitalisasi terlihat pada peningkatan pendapatan UMK setiap tahunnya. Penyerapan tenaga kerja oleh UMK di Kelurahan Sidokare juga berkontribusi positif terhadap ekonomi lokal dengan menciptakan lapangan kerja baru. Responsivitas UMK terhadap permintaan pasar tercermin dalam penyesuaian jumlah tenaga kerja.Penelitian ini memberikan saran atau rekomendasi bahwa pentingnya pelatihan bagi karyawan UMK tentang penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas promosi online dan keterampilan digital mereka, yang akan mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Media Sosial Mata Uang Teknologi > Teknologi Informasi Tenaga Kerja Upah Minimum |
||||||||
Keywords: | digitalisasi; media sosial; dampak; pendapatan; penyerapan tenaga kerja; persaingan monopolistik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi | ||||||||
Depositing User: | Dio Kharisma Sunhadi | ||||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2024 14:02 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jul 2024 14:02 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71549 |
Actions (login required)
View Item |