Kontestasi moderatisme dan konservatisme Islam tentang perempuan: analisis teks wacana keislaman di situs rahma.id dan muslimah.or.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nain, Maqbul Zaman (2024) Kontestasi moderatisme dan konservatisme Islam tentang perempuan: analisis teks wacana keislaman di situs rahma.id dan muslimah.or.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maqbul Zaman Nain_07020120034.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Maqbul Zaman Nain_07020120034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kontestasi dan kecenderungan ideologi dalam media online keislaman mengenai perempuan antara situs rahma.id dan muslimah.or.id dengan menggunakan teori analisis wacana kritis yang dibawakan oleh Roger Fowler. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan filosofis linguistik yaitu dengan menganalisis narasi-narasi yang disampaikan oleh Islam moderat yang diwakili oleh Rahma.id dan Islam konservatif yang diwakili oleh muslimah.or.id. Kedua situs keislaman ini menggunakan media online sebagai sarana penyebaran pandangan mereka melalui narasi-narasi yang tertulis pada artikel. Perbedaan pandangan antar keduanya dapat terlihat jelas diantaranya mengenai hak dan kewajiban perempuan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori analisis wacana kritis Roger Fowler. Menurut Fowler setiap teks atau narasi terdapat sisi ideologis dari pembuatnya. Perbedaan pandangan atau ideologi dari kedua kelompok akan menimbulkan kontestasi. Teori yang dibawakan Roger Fowler berupaya mengungkap ideologi dengan menganalisis kosakata yang terdapat dalam narasi. Menurutnya, Terdapat empat jenis kosa kata yakni kosakata klasifikasi, kosakata membatasi pandangan, kosakata pertarungan wacana, dan kosakata marjinalisasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa narasi yang disampaikan Rahma.id dan muslimah.or.id menunjukkan kontestasi dan kecenderungan ideologi keduanya. Narasi yang disampaikan situs rahma.id mengenai perempuan bersifat kontekstual dengan realitas zaman. Sedangkan narasi dari situs muslimah.or.id dengan topik yang sama menggunakan banyak dalil yang dipahami secara tekstual. Meskipun berbeda pendapat, keduanya terlihat memiliki dasar yang jelas yakni ayat Al-Qur’an dan Hadis sehingga menimbulkan kontestasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nain, Maqbul Zamanmaqbulzamannain@gmail.com07020120034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlamsyah, Anas Aminanas.amin.alamsyah@gmail.com2029047001
Subjects: Ideologi Islam
Media Sosial
Wanita dalam Islam
Keywords: Kontestasi; moderatisme; konservatisme; media online
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Maqbul Zaman Nain
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:31
Last Modified: 10 Jul 2024 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71620

Actions (login required)

View Item View Item