Efektivitas model NO3R (networking, observing, open minded, overwiew, recognize) berbantuan prezi untuk melatih kemampuan metakognitif dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfa, Hikmatus Sya'baniyah (2024) Efektivitas model NO3R (networking, observing, open minded, overwiew, recognize) berbantuan prezi untuk melatih kemampuan metakognitif dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatus Sya'baniyah Alfa_06021020011.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Hikmatus Sya'baniyah Alfa_06021020011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan metakognitif pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik khususnya pada materi sistem peredaran darah sehingga menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab rendahnya hasil belajar dan kemampuan metakognitif pada siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.Fokus penelitian ini yaitu mengetahui hasil penerapan model pembelajaran NO3R berbantuan Prezi dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed methods strategi explanatory sekuensial dengan desain pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni melalui tes, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan uji paired t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran NO3R yang dilakukan siswa dapat dikatakan efektif dengan skor rata-rata yang diperoleh berada pada 3,50-4,00. Selain itu, hasil penelitian ini membahas terkait nilai rata-rata dan score N-gain yang dimana pada hasil post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 76,74 dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 59,81. Sedangkan score n-gain pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,8 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,7 namun masih sama sama termasuk dalam kategori tinggi. Kemampuan metakognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model NO3R lebih banyak dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfa, Hikmatus Sya'baniyahhikmatusnia@gmail.com06021020011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Internet
Media Sosial
Keywords: Model NO3R berbantuan Prezi; hasil belajar; kemampuan metakognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: syania nia
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:39
Last Modified: 15 Jul 2024 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71709

Actions (login required)

View Item View Item