Analisis pengembangan wisata halal setigi berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) sebagai konstributor pendapatan Desa Sekapuk Tahun 2020-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Tiffani Ayu (2024) Analisis pengembangan wisata halal setigi berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) sebagai konstributor pendapatan Desa Sekapuk Tahun 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiffani Ayu Wulandari_08020420078 OK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Tiffani Ayu Wulandari_08020420078 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan Wisata Halal Setigi berdasarkan standarisasi Global Muslim Travel Index (GMTI). Salah satu fakta bahwa Indonesia memiliki mayoritas penduduk muslim merupakan faktor tambahan yang mendukung pengembangan wisata halal di Indonesia, tidak terkecuali pada Wisata Setigi yang ada di Desa Sekapuk. Dalam konteks ini, penelitian mendalam dilakukan untuk menganalisis pengembangan Wisata Halal Setigi berdasarkan standarisasi GMTI serta menganalisis konstibusi pendapatan Wisata Setigi terhadap Pendapatan Desa Sekapuk. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Wisata Halal Setigi dengan standarisasi Global Muslim Travel Index (GMTI) sudah terpenuhi dengan baik, dari 11 indikator GMTI terdapat sembilan indikator yang sudah sesuai. Hal ini menandakan bahwa pengembangan Wisata Halal Setigi telah sesuai dengan standarisasi yang dibuat oleh GMTI. Selanjutnya konstribusi Wisata Setigi terhadap pendapatan Desa Sekapuk diperoleh hasil bahwa setiap tahunnya Wisata Setigi telah memberikan konstribusinya secara signifikan terhadap pendapatan Desa Sekapuk. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan masukan kepada Skateholder Wisata Setigi untuk lebih giat melakukan inovasi dalam hal pengembangan Wisata Halal sehingga lebih banyak lagi yang akan mengenal Wisata Setigi sebagai wisata halal. Serta konstribusinya teradap pendapan desa akan tetap ada dan bisa semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Tiffani Ayutifani.ayu.wulandari@gmail.com08020420078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Administrasi
Budaya Islam
Ekonomi Islam
Bisnis
Keywords: Wisata Halal; Global Muslim Travel Index; Pendapatan Desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tiffani Ayu Wulandari
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:09
Last Modified: 16 Jul 2024 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71788

Actions (login required)

View Item View Item