Pengaruh youtube @HananAttaki terhadap akhlak mahasiswa KPI UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Annisa (2024) Pengaruh youtube @HananAttaki terhadap akhlak mahasiswa KPI UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Firdaus_04020120037.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Annisa Firdaus_04020120037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Youtube merupakan media sosial yang kini dimanfaatkan untuk media berdakwah. Metode berdakwah melalui Youtube memiliki peluang yang besar dalam membantu menyampaikan pesan dakwah. Banyak da’i menggunakan Youtube untuk berdakwah, salah satunya Ustadz Hanan Attaki, founder channel Youtube @HananAttaki. Akun ini selalu mengunggah video yang berisikan pesan dakwah yang mengajak kepada kebaikan. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana pengaruh pesan dakwah dalam Youtube @HananAttaki terhadap akhlak mahasiswa KPI UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner menggunakan 108 sampel dari populasi mahasiwa KPI UIN Sunan Ampel Surabaya yang menonton video Youtube @HananAttaki. Teori yang digunakan yaitu teori Stimulus Organism Respon (S-O-R), di mana efek merupakan reaksi terhadap stimulus tertentu. Proses efek media pada individu dimulai dengan perhatian atau terpaan pada pesan media. Hasil penelitian adalah H1 diterima, artinya Youtube @HananAttaki berpengaruh terhadap akhlak mahasiswa KPI UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan nilai R Square sebesar 0,628 (62,8%), berarti pesan dakwah yang disampaikan ustadz Hanan Attaki pada media Youtubenya dapat mempengaruhi akhlak mahasiswa KPI UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan melanjutkan penelitian dengan cakupan yang lebih luas ataupun mendalam, karena peneliti masih merasa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Annisafirdausvibarsa@gmail.com04020120037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDAnam, Moh Khoirulmoh.khoirul.anam@uinsby.ac.id2010118706
Subjects: Akhlak
Dakwah
Media Sosial
Keywords: Dakwah; youtube; akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Annisa Firdaus
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:17
Last Modified: 04 Sep 2024 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71881

Actions (login required)

View Item View Item