Sejarah dan fungsi Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya tahun 2018-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Linda Nurmalita (2024) Sejarah dan fungsi Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya tahun 2018-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linda Nurmalita Sari_A92217076 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Linda Nurmalita Sari_A92217076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dengan fokus penelitian 1) Bagaimana Sejarah Berdiri Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya? 2) Bagaimana perkembangan arsitektur Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya? 3) Bagaimana fungsi Masjid Rahmat Kembang Surabaya tahun 2018-2023? Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologis. Pendekatan historis bertujuan untuk memaparkan tentang sejarah berdiri Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya. Pendekatan sosiologis bertujuan untuk memaparkan fungsi-fungsi Masjid Rahmat Kembang Kuning. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori continuity and change serta teori fungsional. Sedangkan medote yang digunakan ada empat yaitu: heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Masjid Rahmat merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah Sunan Ampel, yang diresmikan oleh Menteri Agama Sjaifuddin Zuhri. 2) Perkembangan arsitektur Masjid Rahmat dan bagian-bagian arsitektur Masjid Rahmat. 3) Fungsi-fungsi Masjid Rahmat bagi masyarakat meliputi fungsi keagamaan sebagai tempat ibadah, tempat kajian, dan tempat untuk menjadi mualaf. Selain itu, terdapat kegiatan seperti Haul Mbah Karimah. Fungsi pendidikan meliputi sekolah TK, SD, dan SMP serta pelatihan tilawah. Fungsi ekonomi sebagai tempat untuk akad dan resepsi nikah serta KJKS bagi UMKM. Fungsi sosial masyarakat sebagai penyalur zakat dan bantuan, Radio Yasmara sebagai barometer sebelum adzan, serta penyedia fasilitas ambulans bagi jamaah atau masyarakat yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Linda Nurmalitalindanurmalitasr@gmail.comA92217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com / ibnuhajar@uinsby.ac.id2006086802
Subjects: Masjid
Sosiologi Islam
Sejarah
Keywords: Masjid Rahmat; sejarah Masjid Rahmat; fungsi Masjid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Linda Nurmalita Sari
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:57
Last Modified: 31 Jul 2024 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72307

Actions (login required)

View Item View Item