Strategi peningkatan kualitas guru melalui sistem penjaminan mutu internal SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tazkia, RA. Fannia Ishma (2024) Strategi peningkatan kualitas guru melalui sistem penjaminan mutu internal SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
RA. Fannia Ishma Tazkia_06020320049 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RA. Fannia Ishma Tazkia_06020320049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Peningkatan Kualitas Guru Melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal SMA Khadijah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai strategi peningkatan kualitas guru melalui sistem penjaminan mutu Internal dan dampak dari peningkatan kualitas guru melalui sistem penjaminan mutu internal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. SMA Khadijah Surabaya memiliki unit tersendiri untuk melaksanakan system penjaminan mutu internal yang diberi nama Unit Penjaminan Mutu. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa strategi peningkatan kualitas guru melalui system penjaminan mutu internal di SMA Khadijah Surabaya melalui tiga strategi yakni dengan survey angket kinerja guru, menyelenggarakan forum ESI (Evaluasi,Sharing, dan Informasi), dan penyelenggaraan program pelatihan dan workshop bagi guru. Ketiganya tidak lepas dari siklus atau prosedur system penjaminan mutu internal karena penelitian ini mengambil dari strategi peningkatan kualitas guru melalui sistem penjaminan mutu internal. Survey angket kinerja guru yang mencakup pemetaan mutu, forum ESI yang mencakup perencanaan peningkatan mutu. Penyelenggaraan program pelatihan dan workshop bagi guru yang mencakup pelaksanaan program penjaminan mutu. Setelah melaksanakan penyelanggaraan program pelatihan dan workshop bagi guru pihak Unit Penjaminan Mutu melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap apa yang sudah dijalankan, hal ini mencakup siklus sistem penjaminan mutu internal berupa monitoring dan evaluasi. Dalam pelaksanaan penyelenggaraan program pelatihan dan workshop bagi guru, hal ini akan dibuat sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu akan dibuatnya strategi-strategi baru untuk meningkatkan kualitas guru. Sama halnya seperti prosedur sistem penjaminan mutu yang terakhir yakni penetapan standar mutu dan penyusunan strategi mutu baru.Dari pelaksanaan peningkatan kualitas guru melalui sistem penjaminan mutu internal memiliki dampak positif bagi para guru. Bisa dilihat dari hasil rapor guru yang mengalami peningkatan. Selain itu menurut penuturan dari informan yang menjadi guru di SMA Khadijah Surabaya, para guru mengalami peningkatan kualitas diri dikarenakan adanya program peningkatan kuliats guru melalui sistem penjaminan mutu internal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tazkia, RA. Fannia Ishmarafnnit@gmail.com06020320049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Guru; Kualitas guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fanni Tazkia
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:56
Last Modified: 26 Aug 2024 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72433

Actions (login required)

View Item View Item