Pengendalian biaya produksi di CV. Faccyndo Tirta Pratama Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Olivia (2024) Pengendalian biaya produksi di CV. Faccyndo Tirta Pratama Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Olivia Puspita_G92219111.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Olivia Puspita_G92219111_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pengendalian biaya menjadi hal yang krusial dalam menjalankan bisnis utamanya pada proses produksi. Pada tataran produksi, perusahaan mengendalikan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Pada aspek manajemen, pengendalian biaya produksi berarti strategi untuk merencanakan dan merealisasikan penggunaan biaya produksi tetap efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengendalian biaya produksi yang diterapkan di CV. Faccyndo Tirta Pratama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian, yaitu General Manager, Asisten Manajer Produksi dan Developing Accounting (DAC), Supervisor Produksi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman (1984), yaitu peneliti mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Faccyndo Tirta Pratama menerapkan pengendalian biaya produksi dengan mengidentifikasi akuntansi historis dan menyusun biaya standar produksi. Selain itu, perusahaan menetapkan strategi pengendalian untuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik secara efektif. Perusahaan menetapkan standar pelaksanaan (biaya standar), membandingkan biaya standar dan biaya historis, menemukan biaya efisien dan biaya inefisien, serta memperbaiki biaya inefisien dengan strategi pengendalian. Peneliti memberikan saran bagi pengambil keputusan untuk tetap melanjutkan dan meningkatkan strategi perusahaan, serta bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk memperdalam penelitian selanjutnya yang memiliki topik yang sama, yaitu pengendalian biaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Oliviag92219111@student.uinsby.ac.idG92219111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Akuntansi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Bisnis
Keywords: Pengendalian; pengendalian biaya; biaya produksi; biaya standar; biaya historis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Olivia Puspita
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:46
Last Modified: 30 Jul 2024 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72442

Actions (login required)

View Item View Item