Citra lembaga dan kepuasan Muzakki sebagai variabel mediasi antara influencer, Sharia marketing mix, Islamic work ethic dengan loyalitas Muzakki pada LAZNAS di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Khusnul (2023) Citra lembaga dan kepuasan Muzakki sebagai variabel mediasi antara influencer, Sharia marketing mix, Islamic work ethic dengan loyalitas Muzakki pada LAZNAS di Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Fikriyah_01040220008 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Khusnul Fikriyah_01040220008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi ekonomi pasca pandemi di Indonesia menuntut banyak pihak untuk bahu membahu menyelesaikan masalah kesejahteraan. Peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) di sini sangat dibutuhkan dalam membantu mengatasi masalah kesejahteraan. LAZ perlu melakukan strategi-strategi untuk meningkatkan loyalitas muzakki sebagai upaya meningkatkan perolehan dana zakat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis: “Citra Lembaga dan Kepuasan Muzakki Sebagai Variabel Mediasi Antara Influencer, Sharia marketing mix, Islamic Work Ethic dengan Loyalitas Muzakki pada LAZNAS di Jawa Timur”. Penelitian dilakukan pada Lembaga Amil Zakat Berskala Nasional di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang dihimpun dari responden yang merupakan muzakki yang terdaftar pada LAZ, dengan metode pengumpulan data menggunakan instrument SJT. Data diolah dengan menggunakan SEM. Hasil menunjukkan bahwa: pengaruh Influencer, Islamic work ethic, dan Sharia marketing mix terhadap loyalitas muzakki pada lembaga amil zakat tidak sugnifikan. Pengaruh Sharia marketing mix terhadap kepuasan muzakki signifikan, sedangkan pengaruh Influencer dan Islamic work ethic tidak signifikan. Pengaruh influencer dan sharia marketing mix terhadap Citra Lembaga signifikan, sedangkan Islamic work ethic tidak signifikan. Pengaruh kepuasan muzakki terhadap loyalitas muzakki signifikan, namun citra Lembaga tidak signifikan. Sedangkan hasil pengujian indirect effect menunjukkan bahwa Influencer, Islamic work ethic, dan Sharia marketing mix berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas dengan kepuasan muzakki sebagai variabel mediasi. Sharia marketing mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan citra Lembaga sebagai variabel mediasi, sedangkan Influencer dan Islamic work ethic tidak berpengaruh terhadap loyalitas dengan dengan citra Lembaga sebagai variabel mediasi. Temuan dari penelitian ini adalah: 1) Pemilihan influencer (tokoh dan public figure) oleh LAZ masih belum tepat, dianggap kurang mencerminkan pribadi yang santun dan Islami, serta dianggap masih belum memenuhi kriteria credibility dan power sebagai influencer; 2) Untuk menjadi loyal tidak selalu harus merasakan kepuasan terlebih dahulu, hal ini sekaligus membantah teori yang dikembangkan Barnes “Penciptaan Nilai Menuju Loyalitas” bahwa dalam proses menuju loyalitas customer harus merasakan pengalaman memuaskan terhadap produk maupun pelayanan. Pada konteks organisasi nirlaba, kepuasan bukanlah ukuran seseorang loyal atau tidak pada organisasi tersebut, ada hal-hal lain yang menjadi faktor seseorang bertahan pada LAZ tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Khusnulkhusnulfikriyah.unesa@gmail.com01040220008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Subjects: Etos Kerja
Manajemen Strategi
Konsumen
Keywords: Influencer; Sharia marketing mix; Islamic work ethic; citra lembaga; kepuasan Muzakki; loyalitas; LAZNAS
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnul Fikriyah
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:11
Last Modified: 31 Jul 2024 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72516

Actions (login required)

View Item View Item