PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV MI NAHDLATUL UMMAH SIDAYU GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Atik Musliyati (2016) PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV MI NAHDLATUL UMMAH SIDAYU GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Nahdlatul Ummah Sidayu masih rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia bahwa dari 31 siswa, ada 51,7% atau 16 siswa yang belum tuntas dan 15 siswa sudah tuntas. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran monoton dan guru kurang variatif dalam menggunakan metode. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode co-op co-op dalam penelitian ini.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode co-op co-op pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Golokan Sidayu Gresik untuk meningkatkan keterampilan berbicara? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik setelah mengunakan metode co-op co-op?
PTK ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penilaian performance. Data yang terkumpul kemudian dianalisis.
Penerapan metode co-op co-op berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 75% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 72% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa. Skor rata-rata kelas meningkat dari 73 pada siklus I menjadi 80,22 pada siklus II. Prosentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 61% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 80,64%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode co-op co-op dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Atik MusliyatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Co-op Co-op; Keterampilan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Atik amn
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:14
Last Modified: 13 Jul 2016 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item