Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa terhadap daya serap siswa pada bidang studi PAI di SDN Made II Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Wulandari (2009) Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa terhadap daya serap siswa pada bidang studi PAI di SDN Made II Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. i.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengambil judul Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Terhadap Daya Serap Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SDN Made II Surabaya yang dimaksud dengan lembar kerja siswa di sini adalah merupakan salah satu jenis alat bantu pembelajaran, lembar kerja siswa berupa lembaran kertas yang berisi informasi maupun soal-soal (pertanyaan-pertanyaan) yang harus dijawab oleh peserta didik. Sedangkan daya serap siswa adalah kemampuan siswa untuk menangkap dan memahami sebuah materi hingga siswa tersebut dapat menjabarkan kembali materi yang diterima dengan benar, untuk mengetahui daya serap siswa pendidikan agama Islam, penulis mengambil data dari hasil raport semester ganjil. Masalah yang coba diangkat berangkat dari pentingnya keberadaan suatu alat bantu belajar bagi siswa yakni berupa buku, sedangkan upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan adalah dengan menertibkan sebuah buku dengan sebutan lembar kerja siswa. upaya tersebut menggambarkan betapa kuatnya keinginan dari pelaku kebijakan pendidikan untuk mencantumkan sumber-sumber belajar sebagai sarana penunjang dalam meningkatkan daya serap siswa. Dari sinilah akhirnya penulis tertarik untuk menulis skripsi ini. Sehingga dapat dirumuskan: apa dan bagaimana proses pelaksanaan lembar kerja siswa pendidikan agama Islam di SDN Made II surabaya, bagaimana daya serap siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SDN Made II surabaya dan bagaimana pengaruh lembar kerja siswa terhadap daya serap siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SDN Made II Surabaya. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di SDN Made II Surabaya, jenis penelitiannya adalah kuantitatif dengan mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari 38 siswa kelas V yang telah dijadikan sampel. Adapun cara pengambilan datanya melalui metode observasi, dokumentasi, interview, dan angket. Untuk mendukung keabsahan dari penelitian ini dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap daya serap siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam digunakan korelasi Product Moment.
Setelah penulis menganalisa dari beberapa data yang diperoleh dapat ketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif pada Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan daya serap siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SDN Made II Surabaya. Hal ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan melalui teknik korelasi product moment dengan hasil sebesar 0,589. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% = 0,329, maka rxy rt, selanjutnya apabila di interpretasikan pada standard product moment maka besarnya nilai rxy=0,589, terletak antara 0,40 - 0,70 yang berarti ada pengaruh antara variabel lembar kerja siswa dengan daya serap siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SDN Made II Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Wulandari--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Pendidikan Agama Islam; metode pengajaran; Sistem Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 23 Oct 2018 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7263

Actions (login required)

View Item View Item