Pengaruh pemahaman akuntansi dan penerapan SAK-EMKM terhadap kualitas laporan keuangan dengan teknologi informasi sebagai pemoderasi pada UMKM Ayam Geprek di Kota Surabaya berbasis E-Commerce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Syifa Aulya (2024) Pengaruh pemahaman akuntansi dan penerapan SAK-EMKM terhadap kualitas laporan keuangan dengan teknologi informasi sebagai pemoderasi pada UMKM Ayam Geprek di Kota Surabaya berbasis E-Commerce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifa Aulya Putri_08020220091 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Syifa Aulya Putri_08020220091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Laporan keuangan berfungsi sebagai alat yang dapat mendukung pengambilan keputusan terkait berbagai hal, seperti perencanaan perusahaan, investasi, pencarian sumber dana, dan lainnya. Karakteristik laporan keuangan yang baik membantu para pemangku kepentingan untuk memahami dengan jelas kondisi keuangan dan hasil operasi suatu perusahaan, di antara lain relevan, keandalan, dapat dibandingkan, dapat dipahami, materialitas, kelengkapan, dan ketepatan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Penerapan SAK-EMKM terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan Teknologi Informasi sebagai Pemoderasi pada UMKM Ayam Geprek di Kota Surabaya Berbasis E-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data panel yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 26, serta menggunakan metode analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi / Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi dan penerapan SAK-EMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, serta teknologi informasi dapat memoderasi (memperkuat) pemahaman akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan UMKM Ayam Geprek di Kota Surabaya Berbasis E-commerce. Namun, teknologi informasi dapat memoderasi (memperlemah) penerapan SAK-EMKM terhadap kualitas laporan keuangan UMKM Ayam Geprek di Kota Surabaya Berbasis E-commerce. Selain itu, hasil penelitian ini mengkonfirmasi TPB (Theory of Planned Behavior) yang dibutuhkan oleh UMKM untuk kepentingan usaha serta pihak yang terlibat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Syifa Aulyaaulyasyifa84@gmail.com08020220091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Akuntansi
Bisnis
Keywords: Laporan keuangan; akuntansi; SAK-EMKM; teknologi informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Syifa Aulya Putri
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:52
Last Modified: 30 Aug 2024 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72888

Actions (login required)

View Item View Item