Upaya meningkatkan kemampuan belajar anak Disleksia dengan pendekatan Savi (Somatic, Auditorial, Visual, dan Intelektual) pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Karang Pilang 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nur (2009) Upaya meningkatkan kemampuan belajar anak Disleksia dengan pendekatan Savi (Somatic, Auditorial, Visual, dan Intelektual) pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Karang Pilang 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena masih banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam hal membaca (disleksia), dan guru sebagai salah satu unsur dalam proses pendidikan, dituntut untuk membantu meningkatkan keberhasilan mengajarnya dalam upaya tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini yang dituntut adalah bagaimanan setiap guru mampu memaknai pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas peserta didik. Dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang bagaimana upaya dalam meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Karang Pilang 5 Surabaya dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut : 1) bagaimana kemampuan anak disleksia di SDN Karang Pilang 5 Surabaya ? 2) Bagaimana pendekatan SAVI dalam proses pembelajaran PAI ? 3) bagaimana upaya meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia dengan pendekatan SAVI di SDN Karang Pilang 5 Surabaya? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penu7lis menggunakan beberapa metode antara lain : metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan anak disleksia di SDN Karang Pilang 5 Surabaya adalah sama dengan anak normal lainnya dan telah dapat diatasi dengan baik yaitu dengan menggunakan model-model pendekatan yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan implementasi pendekatan SAVI (Somatic, Auditorial, Visual, dan Intelektual) di SDN Karang Pilang 5 Surabaya tergolong sukup baik. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia adalah dengan menerapkan pendekatan SAVI dan strategi pembelajaran yang tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Disleksia; Pendekatan SAVI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 04 Oct 2018 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7306

Actions (login required)

View Item View Item