This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Nur (2009) Upaya meningkatkan kemampuan belajar anak Disleksia dengan pendekatan Savi (Somatic, Auditorial, Visual, dan Intelektual) pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Karang Pilang 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena masih banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam hal membaca (disleksia), dan guru sebagai salah satu unsur dalam proses pendidikan, dituntut untuk membantu meningkatkan keberhasilan mengajarnya dalam upaya tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini yang dituntut adalah bagaimanan setiap guru mampu memaknai pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas peserta didik. Dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang bagaimana upaya dalam meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Karang Pilang 5 Surabaya dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut : 1) bagaimana kemampuan anak disleksia di SDN Karang Pilang 5 Surabaya ? 2) Bagaimana pendekatan SAVI dalam proses pembelajaran PAI ? 3) bagaimana upaya meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia dengan pendekatan SAVI di SDN Karang Pilang 5 Surabaya? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penu7lis menggunakan beberapa metode antara lain : metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan anak disleksia di SDN Karang Pilang 5 Surabaya adalah sama dengan anak normal lainnya dan telah dapat diatasi dengan baik yaitu dengan menggunakan model-model pendekatan yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan implementasi pendekatan SAVI (Somatic, Auditorial, Visual, dan Intelektual) di SDN Karang Pilang 5 Surabaya tergolong sukup baik. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia adalah dengan menerapkan pendekatan SAVI dan strategi pembelajaran yang tepat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Disleksia; Pendekatan SAVI | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 04 Oct 2018 07:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7306 |
Actions (login required)
View Item |