Perilaku membeli produk kecantikan scarlett whitening oleh penggemar K-pop: studi tentang pemberian gift merchandise idola K-pop di Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Devi Pramesthy (2024) Perilaku membeli produk kecantikan scarlett whitening oleh penggemar K-pop: studi tentang pemberian gift merchandise idola K-pop di Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Pramesthy Cahyani_I03219012.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Devi Pramesthy Cahyani_I03219012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Saat ini banyak ditemui berbagai produk-produk yang bekerja sama dengan public figur dengan memberikan penawaran berupa gift merchandise. Salah satunya yaitu produk kecantikan Scarlett Whitening yang merupakan salah satu produk lokal asal Indonesia yang menggandeng artis idola K-Pop asal Korea Selatan untuk menjadi brand ambassadornya. Tindakan ini tentunya menarik minat para penggemar K-Pop yang terkenal dengan loyalitas untuk mendukung idolanya dengan membeli produk tersebut sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama: memberikan gambaran mengenai konsumen sebagai penggemar menyikapi idolanya menjadi bintang iklan pada produk-produk yang dipasarkan. Kedua: mengetahui alasan ketertarikan minat para penggemar dalam membeli merchandise yang berhubungan dengan idola favoritnya. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pemilihan subyek penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu teori Hiperealitas milik Jean Baudrillard dan teori Pilihan Rasionalitas milik James S. Coleman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dalam mendukung idolanya penggemar rela membeli barang-barang yang berhubungan dengan idolanya salah satunya yaitu produk Scarlett Whitening walaupun harganya terbilang cukup mahal. (2) penggemar sebagai konsumen merasa puas dalam membeli produk kecantikan ini karena keinginan untuk mendapatkan dan mengkoleksi gift merchandise yang ditawarkan, sehingga membuat penggemar merasa dekat dengan idolanya dengan menggunakan barang yang sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Devi Pramesthydevi.pramesti.5432@gmail.comI03219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id197008021997021001
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Konsumen
Keywords: Konsumsi; merchandise; penggemar K-Pop
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Devi Pramesthy Cahyani
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:56
Last Modified: 02 Sep 2024 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73102

Actions (login required)

View Item View Item