Efektivitas strategi pembelajaran Rehearsal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MI Al Bukhori Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlish, Muchammad (2009) Efektivitas strategi pembelajaran Rehearsal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MI Al Bukhori Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
Bab.I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.IV.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin menganalisis efektivitas strategi pembelajaran rehearsal dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MI Al Bukhori jalan penjaringan sari kecamatan rungkut kota Surabaya. Menurut tingkat eksplanasinya penelitian ini termasuk jenis penelitian assosiatif, sedangkan menurut metode yang digunakan penelitian ini termasuk penelitian survey dengan menggunakan data kuantitatif. Adapun yang menjadi objek penelitian atau populasi adalah seluruh siswa kelas V MI Al Bukhori yang berjumlah 80 siswa. Dikarenakan jumlahnya kurang dari 100 maka penulis mengambil semua untuk dijadikan objek penelitian sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan menggunakan instrument evaluasi (tes). Penelitian ini melibatkan satu variabel independent atau predictor (X) strategi pembelajaran rehearsal dan variabel dependent atau kriterium (Y) prestasi belajar, teknik analisa data yang digunakan adalah analisis uji t dengan rumus t-test. Hasil analisa data melalui perhitungan rumus t-test dan dikonsultasikan kedalam t-tabel terungkap bahwa to lebih besar, baik pada taraf signifikansi 5 % maupun pada taraf signifikansi 1 % dengan nilai 2.639 2.75 1.990. artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits antara yang menerapkan strategi pembelajaran rehearsal dengan yang tidak menerapkan strategi pembelajaran rehearsal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran rehearsal efektif diterapkan pada mata pelajaran Al Quran Hadits khususnya, dan mata pelajaran lain umumnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlish, Muchammad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Strategi Pembelajaran; Metode Rehearsal; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 08 Jul 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7318

Actions (login required)

View Item View Item