Strategi bertahan pedagang Garmen Pasar Tradisional di era digital dalam perspektif etika bisnis Islam: studi kasus pada Pasar Darmo Trade Center Wonokromo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farizky, Alifiah (2024) Strategi bertahan pedagang Garmen Pasar Tradisional di era digital dalam perspektif etika bisnis Islam: studi kasus pada Pasar Darmo Trade Center Wonokromo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifiah Farizky_08040420096 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Alifiah Farizky_08040420096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini pengguna internet semakin meningkat. Mulai dari remaja hingga orang tua menggunakan Internet. Perkembangan internet telah menciptakan gaya hidup baru bagi masyarakat. Orang memilih untuk melakukannya segala aktivitas menggunakan internet, termasuk berbelanja. Saat ini masyarakat lebih memilih berbelanja secara online daripada datang langsung ke pasar. Perubahan gaya hidup ini berdampak pada pedagang tradisional. keberadaan pedagang tradisional mulai terancam di tengah maraknya perdagangan online. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pedagang tradisional menerapkan strategi survival yang dapat digunakan untuk menjaga kelangsungan usahanya. Peneliti ini mempergunakan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Lokasi dari penelitian berada di Pasar Tradisional Darmo Trade Center Wonokromo. Sumber data yang diterapkan berupa data primer serta sekunder. Kebutuhan data didapatkan melalui pelaksanaan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya dilaporkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang didapat memperlihatkan ada tiga jenis dari strategi bertahan yang dilaksanakan, diantaranya: 1) Strategi Aktif, melalui peningkatan kualitas dari layanan kepada pembeli, selalu mengikuti trend model terbaru barang dagangan, memberikan potongan harga (diskon) dan memiliki usaha sampingan. 2) Strategi Pasif, melalui pengurangan pengeluaran sehari-hari, karyawan, maupun jumlah barang dagangan. 3) Strategi Jaringan, dengan melakukan promosi di sosial media, serta memiliki jaringan dengan reseller. Selanjutnya tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi bertahan yang pedagang garmen Pasar Tradisional Darmo Trade Center Wonokromo terapkan sudah memenuhi lima prinsip, diantaranya yakni kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, serta kebajikan. Selain itu, saran kedepannya untuk pengurus Pasar Tradisional Darmo Trade Center Wonokromo, diharapkan dapat memberikan sosialisasi atau pelatihan-pelatihan tentang perdagangan secara digital kepada semua pedagang agar para pedagang garmen di Pasar Darmo Trade Center Wonokromo bisa lebih beradaptasi dengan perubahan seperti sistem perdagangan yang baru dan bagi para pedagang garmen di Pasar Darmo Trade Center Wonokromo agar lebih memanfaatkan teknologi dalam memasarkan barang dagangan dengan mulai berjualan secara online karena sejak pandemi COVID-19, kebiasaan masyarakat beralih kepada sistem online/digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farizky, Alifiahalifiahfarizky432@gmail.com08040420096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazzamaziyah.mazza@uinsa.ac.id199001092019032014
Subjects: Jual Beli
Manajemen Strategi
Pedagang
Keywords: Pedagang Garmen; Pasar Tradisional; era digital; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ALIFIAH FARIZKY
Date Deposited: 03 Sep 2024 13:50
Last Modified: 03 Sep 2024 13:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73256

Actions (login required)

View Item View Item