Pengaruh online customer review, citra merek, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Shopee dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Misbah, Asyroqul Ulum (2024) Pengaruh online customer review, citra merek, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Shopee dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asyroqul Ulum Misbah_08040320081.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Asyroqul Ulum Misbah_08040320081_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran produk fashion secara daring semakin berkembang pesat dengan adanya platform e-commerce seperti Shopee. Salah satu merek lokal yang cukup menonjol di platform tersebut adalah Erigo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya penggunaan online customer review, citra merek, dan celebrity endorser sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh online customer review, citra merek, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Shopee, serta bagaimana kepercayaan konsumen memediasi hubungan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada konsep-konsep pemasaran digital, citra merek, dan perilaku konsumen. Online customer review dinilai sebagai salah satu faktor penting yang dapat membentuk kepercayaan konsumen. Citra merek, sebagai kesan keseluruhan yang dimiliki konsumen terhadap produk, berperan besar dalam keputusan pembelian. Selain itu, penggunaan celebrity endorser sering kali meningkatkan daya tarik produk, memengaruhi persepsi konsumen, dan akhirnya mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan positivisme. Data dikumpulkan melalui survei daring terhadap 290 responden yang merupakan konsumen produk Erigo di Shopee. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) untuk menguji hubungan antar variabel penelitian, yaitu online customer review, citra merek, celebrity endorser, kepercayaan konsumen, dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review, citra merek, dan celebrity endorser memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, kepercayaan konsumen terbukti memediasi hubungan antara faktor-faktor tersebut dan keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran berbasis online customer review, citra merek yang kuat, dan penggunaan celebrity endorser efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian produk di platform e-commerce. Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen merek dalam merancang strategi pemasaran yang lebih terfokus pada peningkatan kepercayaan konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Misbah, Asyroqul Ulum08040320081@student.uinsby.ac.id08040320081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAini, Saqofa NabilahSAQOFA.NABILAH.AINI@uinsby.ac.id199301092020122028
Subjects: Media Sosial
Pemasaran
Konsumen
Keywords: Online customer review; citra merek; celebrity endorser; keputusan pembelian; kepercayaan; teknologi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Asyroqul Ulum Misbah
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:28
Last Modified: 05 Sep 2024 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73262

Actions (login required)

View Item View Item