Pengaruh religiusitas, kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di Yatim Mandiri Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Siti Uswatun (2024) Pengaruh religiusitas, kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di Yatim Mandiri Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Uswatun Kholifah_08020520035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Uswatun Kholifah_08020520035_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Religiusitas , Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Yatim Mandiri Cabang Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah religiusitas, kepercayaan, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Minat muzakki membayar zakat di Yatim Mandiri Cabang Surabaya. Pada penelitian ini, menggunakan metode survei dengan menggunakan pendekatan field research dengan sampel berjumlah 109 muzakki dengan menggunakan Teknik probabiliti sampling kemudian untuk penarikan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan kuesioner yang diolah dengan SPSS versi 29 yang digunakan untuk menguji beberapa uji seperti uji instrument, uji asumsi klasik,uji statistik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat muzakki membayar zakat di Yatim Mandiri Cabang Surabaya. Kemudian kepercayaan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki di Yatim Mandiri Cabang Surabaya dengan nilai R square sebesar 0,689 atau 68,9%. Artinya bahwa variabel bebas dapat mempengaruhi variabel terikat sebesar 68,9% sedangkan sisanya 31,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, adapun saran dalam pene;itian ini yaitu Yatim Mandiri Cabang Surabaya diharapkan untuk memberikan sosialisasi kepada muzakki tentang pentingnya membayar zakat, serta meningkatkan kualitas pelayanan lembaga agar muzakki tetap yakin dan percaya untuk menyalurkan zakatnya melalui Yatim Mandiri Cabang Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, Siti Uswatunsitiuswatunkholifah04@gmail.com08020520035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Zakat
Keywords: Religiusitas; kepercayaan; kualitas pelayanan; minat muzakki
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Siti Uswatun Kholifah
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:01
Last Modified: 05 Sep 2024 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73321

Actions (login required)

View Item View Item