Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafly, Sultan Muhammad (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sultan Muhammad Rafly_08040320106.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sultan Muhammad Rafly_08040320106_full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan” ini memiliki rumusan masalah pertama, bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan?. Kedua, apa saja hambatan dalam melakukan pemasaran UMKM Batik Tanjungbumi?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan di UMKM Batik Tanjungbumi kabupaten Bangkalan dan mengidentifikasi hambatan dalam pemasaran UMKM batik Tanjungbumi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ada 10 orang yang terdiri dari pengusaha batik Tanjungbumi, pengrajin, pembeli/kolektor dan Kepala Dinas Bidang Pemberdayan Usaha Mikro di Dinas Koperasi Kabupaten Bangkalan. Menggunakan teori-teori strategi pemasaran oleh Kotler dan Armstrong. Hasil penelitian menunjukkan, pertama untuk meningkatkan pendapatan UMKM batik Tanjungbumi menerapkan beberapa strategi pemasaran, seperti iversifikasi produk, peningkatan kualitas, penggunaan media sosial, serta partisipasi dalam pameran dan event-event batik lainnya. Selain itu, kolaborasi dengan desainer, butik ternama serta instansi-instansi pemerintah/swasta juga terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar. Penerapan strategi-strategi ini telah berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM Batik Tanjungbumi. Kedua, pemasaran UMKM Batik Tanjungbumi masih mengalami hambatan, baik internal maupun eksternal. Hambatan internal seperti keterbatasan modal dan sumber daya, penguasaan teknologi dan manajemen usaha yang lemah. Hambatan eksternal seperti persaingan yang ketat, kurangnya kesadaran dan apresiasi dari masyarakat serta fluktuasi harga bahan baku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafly, Sultan Muhammadsultantomi63@gmail.com08040320106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDNur, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Manajemen Strategi
Pemasaran
Wirausaha
Keywords: Strategi Pemasaran; Pendapatan; UMKM; Batik Tanjungbumi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Sultan Muhammad Rafly
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:30
Last Modified: 05 Sep 2024 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73408

Actions (login required)

View Item View Item