KONSEP KURIKULUM PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhana, Nailu (2009) KONSEP KURIKULUM PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep kurikulum progresivisme dan bagaimana konsep kurikulum progresivisme dalam pendidikan Islam.
Berkenaan dengan itu, dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang lebih dekat dengan jenis kajian pustaka yang berusaha menela’ah konsep kurikulum progresivisme dalam pendidikan Islam secara teoritis dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumenter, analisis data content analysis dan metode deduktif serta induktif.
Progresivisme tidak menghendaki adanya sekolah yang otoriter yang bisa mematikan tunas-tunas pelajar. Oleh karena itu pengalaman dan lingkungan merupakan suatu perantara dalam mencapai tujuan pembelajaran sehingga dibutuhkan kurikulum yang luwes, eksperimental dan edukatif. Di dalam kurikulum ini kedudukan peserta didik sebagai subyek pendidikan dan pusat dari belajar, juga peserta didik dibekali dengan keterampilan dan kecakapan yang bias dipraktekan pada masyarakat luas.
Dalam penelitian ini disimpulkan pendidikan Islam memandang kurikulum progresivisme itu sebagai kurikulum yang progress (maju) jika diterapkan di madrasah aliyah. Karena selama ini output madrasah aliyah dianggap remeh oleh masyarakat umum dan tidak mempunyai keahlian selain dibidang pendidikan Islam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhana, NailuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Kurikulum Progresivisme; Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 10 Feb 2015 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7720

Actions (login required)

View Item View Item