URGENSI MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATION LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN NILAI DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SD PLUS MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Qumil (2009) URGENSI MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATION LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN NILAI DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SD PLUS MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Yang dimaksud dengan model pembelajaran Collaboration Learning adalah sebuah kelompok yang bekerja bersama-sama untuk tujuan yang telah ditetapkan. Kerja sama yang saling membantu antar pembelajar dalam bentuk tim. Model ini banyak manfaatnya dalam mengembangkan suasana demokratis yang didasari nilai-nilai bersama dan saling menghormati untuk mencapai keputusan bersama.
Dalam model ini perancangan serta sistem penilainya di bicarakan kepada siswa yang dituangkan dalam kontrak belajar. Sehingga proses pembelajaran berjalan secara demokratis untuk mendapatkan konsensus dan saling pemahaman nilai.
Skripsi ini meneliti tentang bagaimana model pembelajaran Collaboration Learning dalam mengembangkan nilai demokratis pada mata pelajaran Al-Islam di SD Plus Muhammadiyah 18 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mneggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disebutkan bahwa urgensi model pembelajaran Collaboration Learning dalam mengembangkan nilai demokratis pada mata pelajaran Al-Islam di SD Plus Muhammadiyah 18 Surabaya menunjukan hasil yang maksimal, siswa aktif dalam proses pembelajaran dan kelas lebih dinamis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Husni M. Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, QumilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Collaboration Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7728

Actions (login required)

View Item View Item