Efektifitas metode Diskusi Kelas model Fish Bowl terhadap peningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akhlak di MTs. As Safi'iyah Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Nurul (2009) Efektifitas metode Diskusi Kelas model Fish Bowl terhadap peningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akhlak di MTs. As Safi'iyah Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Berlatar belakang pentingnya pemberian variasi dalam proses pembelajaran di kelas, maka diskusi kelas model fish bowl dapat dijadikan pilihan metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran mata pelajaran Akhlak. Dari latar belakang tersebut ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana penggunaan metode diskusi kelas model Fish Bowl di MTs. As-Safi'iyah Benowo Surabaya. (2) Bagaimana keaktifan belajar siswa di MTs. As-Safi'iyah Benowo Surabaya (3) Adakah efektifitas penggunaan metode diskusi kelas model Fish Bowl dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. As-Safiiyah Benowo Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data tersebut di atas yaitu dengan : metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, selanjutnya peneliti menggunakan analisis data berupa rumus prosentase, yang hasilnya akan dikonsultasikan dengan tabel prosentase Suharsimi Arikunto. Untuk mengetahui efektif tidaknya model diskusi kelas model Fish Bowl peneliti menggunakan rumus product moment. Hasil pengamatan pelaksanaan metode diskusi kelas model fish bowl termasuk kategori cukup, dengan nilai rata-rata 65,5 %. Berdasarkan hasil analisis keaktifan belajar siswa di MTs. ASy-Syafiiyah Benowo Surabaya juga tergolong cukup baik hal ini dibuktikan dari perolehan data angket siswa yang telah dianalisis, menunjukkan nilai sebesar 68,7 %. Berdasarkan hasil analisis data statistik juga dapat diketahui bahwa metode diskusi kelas model fish bowl efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran akhlak di MTs. Asy-Syafiiyah Benowo Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan rumus product moment, diketahui harga kritik rxy sebesar 0,779 dan dengan db/df = 30, maka pada taraf signifikasi 5 % diperoleh nilai r tabel sebesar 0,361 dan pada taraf signifikasi 1 % diperoleh nilai r tabel sebesar 0,463. sehingga rxy r tabel sedangkan besarnya efektifitas metode diskusi kelas model fish bowl dalam meningkatkan kekatifan belajar mata pelajaran akhlak di MTs. Asy-Syafiiyah adalah cukup, karena dengan rxy = 0,779 apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r berada diantara nilai 0,600 - 0,800 yang artinya cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Nurul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Diskusi Kelas; Model Fish Bowl
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2009
Last Modified: 09 Oct 2018 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8061

Actions (login required)

View Item View Item