PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Moch. Edy (2010) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Pemimpin pada hakikatnya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain didalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. Sedangkan Kepala sekolah terdiri dari dua kata, yakni kepala dan sekolah. Kata kepala bisa diartikan ketua atau pemimpin dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga dan sekolah adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran.
Motivasi adalah suatu faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perbuatan atau kegiatan tertentu. Sedangkan Kerja adalah sejumlah aktifitas fisik dan mental untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan.
Agar pelaksanaan motivasi kerja dapat diimplementasikan dengan baik, maka diperlukan adanya kepemimpinan kepala sekolah yang memiliki kemampuan dalam membina anggotanya untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah.
Penelitian dalam Skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru SD Islam Roushon Fikr Jombang dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Islam Roushon Fikr Jombang, bagaimana Motivasi Kerja Guru di SD Islam Roushon Fikr Jombang.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosentase dan rumus product moment serta ditambah dengan rumus regresi.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Islam Roushon Fikr Jombang dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan cukup atau tergolong sedang, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56%-75%. Dan Motivasi Kerja Guru di SD Islam Roushon Fikr Jombang juga mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi yang cukup, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada peritem pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 56%-75% dengan kreteria tergolong cukup.
Sedangkan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Islam Roushon Fikr Jombang mempunyai dampak/pengaruh yang positif terhadap Motivasi Kerja Guru dalam katagori sedang atau cukup. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,56 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,40 - 0,70 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang sedang atau cukupan. Begitu juga dengan hasil perhitungan rumus regresi menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah mempunyai hubungan yang positif dengan Motivasi Kerja Guru yaitu dengan nilai 0,415.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Hanun Asrohah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Moch. EdyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Islam
Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Motivasi Kerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2010
Last Modified: 13 Feb 2015 06:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8144

Actions (login required)

View Item View Item