PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA ABADIYAH GABUS PATI KELAS XI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Nur (2010) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA ABADIYAH GABUS PATI KELAS XI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. i.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Belajar erat hubungannya dengan membaca. Membaca merupakan sarana dan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia khususnya pelajar. Kegiatan membaca akan terlaksana apabila ada minat dari orang yang bersangkutan. Minat mempunyai daya dorong yang kuat dalam terwujudnya suatu kegiatan. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa maka tidak ada daya tarik baginya.Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam minat baca siswa cenderung pada pendidik dan orang tua. Disamping itu faktor sarana dan prasarana juga dapat menentukan dalam membina dan mengembangnkan minat baca. Minat baca tidak hanya berpengaruh terhadap hasil belajar, makin giat membaca makin banyak pengetahuan yang diperolehnya. Dalam penelitian skripsi yang berjudul Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Abadiyah Gabus Patiini, peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan populasi dan sampel.
Pada penelitian ini jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas XI MA Abadiyah yang berjumlah 125 siswa. Dalam penelitian ini tidak semua populasi diikutkan dalam penelitian. Tetapi mengngambil sampel dari populasi untuk diteliti. Sampel tersebut berjumlah 25 siswa dari jumlah populasi 125 siswa. Jumlah tersebut adalah 20 % dari populasi yaitu kelas XI A (7 siswa dari 39 siswa), Kelas XI B (9 siswa dari 44 siswa), kelas XI C (9 siswa dari 42 siswa). Dari hasil penelitian yang dilakukan teryata 40 % siswa mempunyai minat baca tinggi, 52 % siswa mempunyai minat baca cukup, dan 8 % siswa yang kurang mempunyai minat baca.Untuk minat baca kelas XI MA Abadiyah mempunyai kategori baik. Hal ini berdasarkan prosentase hasil angket yaitu 73,6 % yangmana angka tersebut terletak diantara 70 - 90 % yang berkategori baik. Dari hasil observasi prestasi siswa diperoleh 8 % siswa mempunyai prestasi baik, 44 % siswa mempunyai prestasi lebih dari cukup dan 48 % siswa mempunyai prestasi cukup. Kemudian untuk prestasi belajar siswa, kelas XI MA Abadiyah mempunyai kategori sedang, ini berdasarkan hasil prosentasi 65,2 % yang mana hasil tersebut terletak diantara 40 - 70 % yang berarti berkategori sedang. Setelah diadakan penelitian tentang pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa MA Abadiyah Gabus Pati kelas XI ternyata terdapat korelasi.hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan rumus r Product Moment yang harga kritiknya dengan taraf segnifikan 5 % (0,636 0,396),dan jika menggunakan table Interprestasi Nilai r Product Moment hasil perhitungan 0,636 berada diantara angka 0,600 dan 0,800. Ini menunjukkan pengeruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa MA abadiyah kelas XI tergolong cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Minat Baca; Prestasi Belajar Siswa;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 13 Feb 2015 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item