KONSEP PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP CIPUTRA : CIPUTRA QUANTUM LEAP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khalil, Muhammad (2010) KONSEP PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP CIPUTRA : CIPUTRA QUANTUM LEAP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang Konsep pendidikan entrepreneurship Ciputra dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Sedangkan yang dimaksud Pendidikan entrepreneurship adalah pendidikan untuk menghasilkan entrepreneur, manusia yang memiliki kemampuan berfikir kreatif, inovatif,dan menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko, bahkan entrepreneurship bukan hanya untuk bisnis tapi semua lini kehidupan.
Entrepreneursip sebenarnya sangat dekat dengan pendidikan Islam. Inilah setidaknya fakta yang kita dapatkan jikalau menelusuri sirah (sejarah) Nabi Muhammad SAW, sebagai pembawa agama paripurna Islam, hanya saja entrepreneurship di usung oleh Barat. Maka apabila melihat pemikiran Ciputra tentang pendidikan entrepreneurship dalam skripsi ini sebenarnya sinergis dengan tuntunan dan tujuan dari pendidikan Islam. Karena agama Islam sangat menganjurkan umatnya agar menjadi manusia yang unggul (khaira ummah), tidak terkecuali di bidang ekonomi.
Skripsi ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif deskriptif, yang menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah metode deskripsi, interpretasi dan komparasi. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah adalah (a) Apakah pengertian pendidikan entrepreneurship itu (b) Bagaimana konsep pendidikan Entrepreneurship Ciputra (c) Bagaimana relevansi pendidikan Entrepreneurship Ciputra dengan pendidikan Islam?
Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah pendidikan entrepreneurship yang digagas Dr. Ir. Ciputra mengandung relevansi terhadap pendidikan Islam. Pendidikan Islam sudah seharusnya mengambil peran lebih bukan sekedar belajar kitab kuning, dan khusus ilmu-ilmu agama, tetapi bagaimana menyiapkan generasi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan global. Maka teknis dari pelaksanaan pendidikan entrepreneurship ini adalah mengajar dan mendidik untuk tahu (to know dan bisa (to be), bukan sekedar teori tetapi dengan praktik.Sedangkan unsur persamaan dapat dilihat dari visi kedua variabel tersebut yaitu untuk mengangkat martabat manusia. Sedangkan perbedaannya hanya bersifat istilahi saja. Maka menyoal relevansi pendidikan Islam dengan gagasan entrepreneurship Ciputra Quantum Leap; sangat berhubungan bahkan bersifat integral, tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Karena pendidikan menyangkut pada persoalan hidup dan hajat manusia banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Amir Maliki Abitolkha
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khalil, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Prophetic Intelligence
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Ciputra; Pendidikan Entrepreneurship; Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8236

Actions (login required)

View Item View Item