Efektivitas penerapan strategi Genius Learning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Umar Mas'ud Sangkapura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyah, Badriyah (2010) Efektivitas penerapan strategi Genius Learning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Umar Mas'ud Sangkapura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana penerapan strategi genius leraning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Umar Mas ud Sangkapura? b) Bagaimana tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Umar Mas ud Sanglapura? c) Bagaimana efektivitas penerapan strategi genius leraning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura? Dalam penelitian ini bertujuan: a) Untuk mengetahui penerapan strategi genius leraning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura, b) Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura, c) Untuk mengetahui efektfitas penerapan strategi Genius Learning dalam peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental design yaitu penelitian yang menggunakan rancangan one group design pre-test post-test serta dilakukan pada satu kelas tanpa menggunakan kelompok pembanding dengan alasan bahwa sample yang diambil merupakan sample jenuh sebanyak 35 siswa diambil secara keseluruhan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview, test dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji parametrik (uji paired test atau uji data berpasangan). Dari analisis data hasil pengujian hipotesis telah diperoleh, a) Strategi genius learning efektif terhadap pemahaman belajar siswa dapat diketahui dengan adanya kemampuan guru dalam menerapkan strategi tersebut mendapat 94 % dengan kriteria baik. b) Hasil analisis untuk pemahaman (ketuntasan belajar) siswa selama kegiatan. pembelajaran dengan menggunakan strategi diatas tergolong tuntas atau paham yaitu dapat dilihat dari hasil Pre-Test sebesar 73,57 %, sedangkan pencapaian hasil skor pada saat Post-Test sebesar 75,71 %, sehingga ketercapaian KBM disini meningkat sebesar 2,14 %. Dan dapat dikatakan pula bahwa siswa yang tuntas individual pada KBK sebanyak 33, dari jumlah keseluruhan siswa (KBM) sebanyak 35 siswa. Dengan ketuntasan belajar sebesar 94 %. Oleh karena itu ketuntasan belajar klasikal KBK sebesar 85 %. Maka dapat dikatakan bahwasanya pembelajaran dengan menggunakan strategi genius learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak tercapai dengan kriteria tuntas. c). Efektivitas penerapan strategi genius learning kategori baik, hal ini dibuktikan dengan uji tingkat efektivitas penerapan strategi tehadap pemahaman belajar siswa dapat dilihat dari hasil uji paired test yaitu thitung dengan nilai 5,04962 lebih besar dari ttabel dengan nilai 2,042, maka dari itu dapat dikatakan strategi genius learning efektif terhadap pemahaman belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyah, Badriyah--D21206251
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir--
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Genius Learning; Akidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 11 Nov 2019 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item