Efektivitas flipped classroom dengan aplikasi wakelet berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII IPA MTS Bani Hasyim Cerme materi sistem pernapasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiarasari, Yurinda (2024) Efektivitas flipped classroom dengan aplikasi wakelet berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII IPA MTS Bani Hasyim Cerme materi sistem pernapasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yurinda Mutiarasari_06011020008 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Yurinda Mutiarasari_06011020008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII di MTs Bani Hasyim Cerme. Hal ini disebabkan karena model dan strategi pembelajaran yang diterapkan yakni masih bersifat teacher center sehingga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Flipped Classroom dengan berbantuan video animasi yang diharapkan dapat menjadi Solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Flipped Classroom dengan berbantuan video animasi dengan berbasis aplikasi wakelet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di MTs Bani Hasyim Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian merupakan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann whitney, perhitungan N-Gain, analisis persentase skor kemampuan berpikir kreatif setiap indikator dan persentase analisis keterlaksanaan strategi flipped classroom dengan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan hasil uji Mann whitney memperoleh nilai signifikansi < nilai alpha yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan skor N-Gain sebesar 70,49 dengan kategori tinggi. Analisis persentase skor kemampuan berpikir kreatif setiap indicator pada kelas eksperimen diperoleh persentase > 60% yaitu fluency sebesar 79,16%, flexibility sebesar 76,38%, originality sebesar 68,05%, dan elaboration sebesar 73,60%. Analisis pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen memperoleh kriteria sangat baik dengan nilai persentase > 60% yaitu nilai persentase aktivitas guru sebesar 93,00% dan aktivitas siswa sebesar 94,00%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiarasari, Yurindapopcron2105@gmail.com06011020008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatik----
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Kurikulum
Media Sosial
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Flipped Classroom; Kemampuan Berpikir Kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Yurinda Mutiarasari
Date Deposited: 31 Aug 2025 15:59
Last Modified: 31 Aug 2025 15:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83722

Actions (login required)

View Item View Item