PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS PUTRA - PUTRI SIMO SUNGELEBAK KARANGGENENG LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Feni Lis (2010) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS PUTRA - PUTRI SIMO SUNGELEBAK KARANGGENENG LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs (praktek berpasangan) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Mts Putra-putri Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan
Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs (praktek berpasangan) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Mts Putra-putri Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang meliputi penerapan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs (praktek berpasangan) pada mata pelajaran fiqih, penerapan ini meliputi aspek kemampuan guru dalam menerapkan strategi praktek berpasangan dan aktifitas siswa selama mengikuti proses belajar,hasil belajar yang memakai strategi praktek berpasangan dan tidak yakni pengunaan metode ceramah serta pengaruh antara keduanya dan dilengkapi dengan kajian teori yang membahas tentang belajar
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yakni metode yang mengunakan rumus-rumus statistic yang sesuai dengan permasalahan yang ada, kerena penelitian ini berusaha untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar keduanya. Sesuai dengan rumus statistic langkah pertama adalah menghitung analisis deskriptif, distribusi normal, homoginitas varians dan kemudian analisis of varians (anava), semuanya di analisis mengunakan analisis SPSS 16 dan data yang di peroleh adalah hasil dari pemberian test kepada kelas putra dan putrid yang semuanya berjumlah 120 orang
Dari hasil penyebaran test, setelah penerapan strategi practice rehearsal pairs (praktek berpasangan) dilaksanakan rata-rata untuk kelas putra dalam pengunaan strategi praktek berpasangan adalah 82,50 dan untuk kelas putri rata-rata 70,33. Dari hasil analisis di atas bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa putra dan putrid itu berarti tolak H0 atau terima Ha dengan signifikansi 0,000 0,05 itu berarti ada pengaruh antara hasil belajar siswa putra dan putri.Dan untuk pengunaan metode ceramah hasil dari analisis menujukkan bahwa hasil belajar untuk kelas putra rata-rata 75,83 dan untuk putrid 67,33 itu berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa putra dan putri dengan mengunakan metode ceramah dengan signifikansi 0,000 0,05 itu berarti tolak H0 atau terima Ha, yang berarti ada pengaruh antara hasil belajar dengan mengunakan strategi praktek berpasangan dan ceramah di kelas putra dan putrid
Dari hasil analisis of varians (anava) dengan SPSS 16, Bahwa antara pengunaan strategi practice rehearsal pairs (praktek berpasangan) dan metode ceramah diterapkan di kelas putra dan putrid ternyata hasil yang diperoleh dari dua metode tersebut hasilnya lebih bagus dikelas putra, tetapi keduanya ada pengaruh-nya terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Mts Putra-putri Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Feni LisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Practice Rehearsal Pairs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8377

Actions (login required)

View Item View Item