This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sinaroja, Alya Syifa (2025) Kampanye politik di era digital : studi akun youtube Arirang Tv Kepada Yoon Suk Yeol sebagai media utama dalam pemilu korea selatan 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Alya Syifa Sinaroja_10020121036 OK.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Alya Syifa Sinaroja_10020121036 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 September 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kampanye politik Yoon Suk Yeol di akun youtube Arirang TV jelang Pemilu Korea Selatan tahun 2022. Melalui akun YouTube resmi, Arirang TV, Yoon memanfaatkan fitur interaktif seperti live streaming, video kampanye, dan konten personal untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan audiens sebagai calon pemilihnya. Penelitian ini bertujuan supaya dapat tahu akan pembentukan agenda setting yang dilakukan Yoon Suk eol dengan memanfaatkan platform Arirang TV pada Pemilu di Korea Selatan Tahun 2022. Kemudian, peneliti memanfaatkan teori agenda setting yang sudah dilakukan pengembangan oleh Maxwell McComs dan Donal Shaw untuk pisau analisis dalam melihat seperti apa media Arirang TV mengemas isu kampanye politik menjadi agenda setting yang dilakukan oleh Yoon Suk Yeol yang selanjutnya bisa memunculkan positioning positif di kalangan calon pemilih. Sementara, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan datanya melalui observasi online, analisis konten, wawancara, dan dokumentasi digital. Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kanal komunikasi Yoon Suk Yeol seperti YouTube memainkan peran sentral dalam strategi aganda setting maupun peningkatan positioning mereka, khususnya selama masa kampanye pemilihan umum Yoon Suk Yeol menjadi capres. YouTube Arirang TV menjadi alat yang sangat strategis dalam menyampaikan pesan-pesan kampanye serta membangun reputasi politik. Melalui berbagai program, wawancara, dan liputan khusus, kanal ini memberikan platform eksklusif bagi pasangan calon untuk berinteraksi dengan pemilih potensial. Artinya, Yoon66 Suk Yeol dalam pemanfaatan kanal YouTube Arirang TV telah menjadi platform yang memperkenalkan dirinya beserta program kerja yang ditawarkan jelang pemilihan tahun 2022 di Korea Selatan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Media Sosial Pemilihan Umum |
||||||||
| Keywords: | Agenda Setting; Youtube; Yoon Suk Yeol; Korea Selatan; Arirang TV | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik | ||||||||
| Depositing User: | alya syifa sinaroja | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:05 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Sep 2025 07:05 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
