Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofa, Lintang Hikmah Mardianah (2025) Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lintang Hikmah Mardianah Sofa_06010120010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lintang Hikmah Mardianah Sofa_06010120010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 November 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan model discovery learning pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Jombang. (2) Bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Jombang. (3) Bagaimana Pengaruh Discovery Learning terhdapa hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi experimental, yaitu Pre-test dan Post-test Control Design. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dengan rubric penilaian dan angket sebagai instrument. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang tahun ajaran 2023/2024. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample test. Penerapan modell discovelry learning dapat meningkatkan hasil bellajar siswa pada mata pellajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Jombang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kellas VII H dan VII I sebagai sampel. Hasil tersebut dibuktikan melaluli uji independent sample t-test menggunakan program SPSS For Windows 23. Interpretasi dari hasil uji independent sample t-test yang telah dilakuan dikeltahui bahwa ada perbedaan minat peserta didik pada kelas eksperimen yang treatment berupa penerapan model discovery learning dengan peserta didik kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau treatment. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi, penerapan model discovery learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofa, Lintang Hikmah Mardianahmardianahsofa01@gmail.com06010120010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Agama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model discovery learning; hasil belajar; mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lintang Hikmah Mardianah Sofa
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:07
Last Modified: 06 Nov 2025 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85046

Actions (login required)

View Item View Item