This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sofa, Lintang Hikmah Mardianah (2025) Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Lintang Hikmah Mardianah Sofa_06010120010.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Lintang Hikmah Mardianah Sofa_06010120010_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 November 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan model discovery learning pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Jombang. (2) Bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Jombang. (3) Bagaimana Pengaruh Discovery Learning terhdapa hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi experimental, yaitu Pre-test dan Post-test Control Design. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dengan rubric penilaian dan angket sebagai instrument. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang tahun ajaran 2023/2024. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample test. Penerapan modell discovelry learning dapat meningkatkan hasil bellajar siswa pada mata pellajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Jombang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kellas VII H dan VII I sebagai sampel. Hasil tersebut dibuktikan melaluli uji independent sample t-test menggunakan program SPSS For Windows 23. Interpretasi dari hasil uji independent sample t-test yang telah dilakuan dikeltahui bahwa ada perbedaan minat peserta didik pada kelas eksperimen yang treatment berupa penerapan model discovery learning dengan peserta didik kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau treatment. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi, penerapan model discovery learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Agama Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
| Keywords: | Model discovery learning; hasil belajar; mata pelajaran PAI | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Lintang Hikmah Mardianah Sofa | ||||||||||||
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:07 | ||||||||||||
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:07 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
