Hubungan kegiatan pembelajaran kooperatif taswirul afkar connection dengan prestasi belajar fikih siswa kelas xi-1 ipk MA. Mambaus Sholihin : studi kasus di MA Mambaus Sholihin Suci Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, M. Fakri Islami (2016) Hubungan kegiatan pembelajaran kooperatif taswirul afkar connection dengan prestasi belajar fikih siswa kelas xi-1 ipk MA. Mambaus Sholihin : studi kasus di MA Mambaus Sholihin Suci Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta perkembangan diri peserta didik. Kemampuan atau kompetensi ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi tersebut adalah melalui pembelajaran ekstra yang dilakukan siswa sendiri dengan membuat kajian-kajian di luar jam pelajaran sekolah. Berawal dari sebuah keterbatasan fasilitas dan jam pelajaran yang begitu padat di sekolah dan pesantren, siswa akhirnya berinisiatif untuk membangun sebuah pembelajaran khusus dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keilmuan mereka. Kegiatan pembelajaran itu mereka sebut dengan TAC (Taswirul Afkar Connection) dan diperuntukkan bagi siswa MA. Mambaus Sholihin jurusan IPK (Ilmu Pengetahuan Keagamaan) yang ingin berbagi ilmu dan bertukar pikiran di luar jam pelajaran sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara empiris hubungan kegiatan Taswirul Afkar Connection dengan prestasi belajar Fikih siswa kelas XI IPK MA. Mambaus Sholihin. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, yaitu suatu pendekatan untuk meneliti korelasi / hubungan antara dua fenomena. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket. Analisis data untuk uji hipotesis digunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini, yaitu : 1) Kegiatan Taswirul Afkar Connection bagi siswa kelas XI-1 IPK MA. Mambaus Sholihin adalah kurang baik. 2) Prestasi belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas XI-1 IPK MA. Mambaus Sholihin sudah mencapai KKM yang ditetapkan oleh lembaga. 3) Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan analisis korelasi product moment diperoleh hasil rhitung = -0,171 ≥ rtabel = 0,345 (taraf signifikan 1%) maka Ha ditolak dan Ho diterima, yang berarti bahwa hubungan antara kegiatan Taswirul Afkar Connection dengan Prestasi Belajar Fikih siswa kelas XI-1 IPK MA. Mambaus Sholihin sangat lemah atau rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, M. Fakri Islamidb.dilib@gmail.comD01212044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mmustofahuda57@gmail.com2012025701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Taswirul Afkar; Prestasi Belajar Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif M. Fakri Islami
Date Deposited: 16 Aug 2016 05:05
Last Modified: 10 Jan 2020 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8963

Actions (login required)

View Item View Item