TAKHLIL AL AKHTO' AL IMLAIYAH LADDA THOLIBAT FASHL AL TSANI ASHR FI AL MADRASAH AL ALIYAH AMANATUL UMMAH SIWALAN KERTO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Rositarahayu (2016) TAKHLIL AL AKHTO' AL IMLAIYAH LADDA THOLIBAT FASHL AL TSANI ASHR FI AL MADRASAH AL ALIYAH AMANATUL UMMAH SIWALAN KERTO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Dalam pembahasan ini, penulis melakukan penelitian kesalahan imla’. Imla' adalah ilmu yamg mempelajari tentang tata cara menulis yang baik dan benar dengan berpedoman pada aturan-aturan yang telah disepakati oleh ahli bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang terdapat pada tulisan Bahasa Arab Siswa di Pondok pesantren Amanatul Ummah" Siwalan Kerto Surabaya, sebab terjadinya kesalahan, agar tidak berkelanjutan dikemudian hari. Peneliti memilih pondok pesantren Amanatul Ummah" Siwalan Kerto Surabaya, karena pondok Amanatul Ummah merupakan salah satu pondok Islam yang berkomunikasi sehari-hari menggunakan bahasa arab dan bahasa inggis,dan pelajaran bahasa arab adalah pelajaran yang diutamakan pada pondok tersebut. dalam penelitian ini peneliti menggambil 15 tulisan santri kelas tiga sekolah menengah akhir pondok pesantren Amanatul Ummah untuk dianalisis. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah Metode Kualitatif dengan cara menganalisis kesalahan dengan cara mengumpulkan data dari tulisan beberapa siswa untuk mengedentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat pada tulisan-tulisan tersebut. Langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan pertama mengumpulkan data lembar tulisan siswa-siswi, kedua mengidentifikasi kesalahan, ketiga menjelaskan kesalahan, keempat mengevaluasi tulisan. Skripsi ini berangkat dari permasalahan siswi pondok "Amanatul Ummah" dalam menulis Imla'. Dimana penulis menemukan beberapa kesalahan mereka dalam penulisan Imla' seperti dalam hal berikut ini: 1. Kesalahan dalam penggunaan Hamzah Qatha'. 2. Kesalahan dalam penggunaan Ta' Marbuthah. 3. Kesalahan dalam pembuangan huruf-huruf yang dipanjangkan dengan huruf Mad (Alif, Ya', Waw). 4. Dan kesalahan dalam kalimat yang di dalamnya terdapat huruf yang ditulis namun tidak diucapkan, dan adakalanya huruf yang diucapkan namun tidak ditulis. Dari analisis yang telah penulis teliti, terdapat kesimpulan berikut ini: 1. Kesalahan dalam imla' ialah kesalahan yang terdapat pada penulisan, baik berupa pengurangan, penambahan dan penempatan huruf yang tidak benar 2. Kebanyakan dari kesalahan mereka terletak pada penambahan dan pengurangan alif dan hamzah qatha' 3. Dan sebab dari kesalahan mereka adalah ketidak tahuan mereka terhadap kaidah yang disepakati oleh ahli bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Rositarahayurositarahayu94@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Takhlilul Akhto'
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Indriani Rositarahayu
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:21
Last Modified: 06 Jan 2017 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9102

Actions (login required)

View Item View Item