PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA NYARING KELAS IV MI DARUSSALAM JABON SIDOARJO MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Wiwin Nur (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA NYARING KELAS IV MI DARUSSALAM JABON SIDOARJO MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dinilai berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang direncanakan. Namun pada kenyataannya pembelajaran yang dilakukan di MI Darussalam Jabon Sidoarjo menemui kesulitan belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran diantaranya yaitu dalam memmbaca nyaring. Siswa dalam membaca masih terbata-bata (mengeja) dan tidak memperhatikan tanda jeda dan intonasi yang tepat serta pembelajaran yang dilaksanakan selama ini hanya terbatas dalam bentuk tes ulang tertulis maupun pertanyaan lisan yang hanya mengukur pemahaman siswa dengan hafalan saja. Sehingga tingkat efektifitas program pembelajaran yang dilaksanakan selama ini masih rendah dalam meningkatkan belajar siswa.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca nyaring kelas IV MI Darussalam Jabon Sidoarjo. Model pembelajaran yang digunakan adalah kooperatif dengan teknik problem solving. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan wawancara.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving yaitu 68,22 %, setelah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,31 % pada siklus I dan 80,75 % pada siklus II.
Selain meningkatkan hasil belajar siswa, pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa dimana aktivitas siswa pada siklus I cukup dan meningkat pada siklus II yaitu sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca nyaring kelas IV MI Darussalam Jabon Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Wiwin NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Membaca nyaring, hasil belajar, kooperatif dengan teknik problem solving
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 02 Mar 2015 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9224

Actions (login required)

View Item View Item