Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendy, Faisal (2016) Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, kita melihat pelajar yang tidak punya sopan santun, suka tawuran, senang narkotika. Di antara mereka ada yang senang berbohong, membolos sekolah, minum minuman keras, seks bebas, mencuri, berjudi, dan banyak lagi. Itu semua bersumber pada karakter. Ini menandakan kemerosotan moral dan karakter anak bangsa ini semakin menjadi-jadi. Oleh sebab kebutuhan akan pemahaman tentang pendidikan karakter, maka penulis tertarik untuk mengambil dan mengkaji pemikiran Thomas Lickona tentang pendidikan karakter. Penelitian ini mengkaji rumusan masalah: pertama, bagaimana konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona; kedua, bagaimana implementasi konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dalam konteks pendidikan di sekolah, yang bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter tersebut dan implementasinya di sekolah.Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dan metode yang digunakan dalam menganalisis datanya adalah content Analysis (Analisis Isi). Metode pengumpulan datanya yang dipakai adalah metode dokumentasi, dengan menggunakan buku primer yaitu tiga buku karya Thomas Lickona yaitu Educating for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter), Character Matters (Persoalan Karakter), dan Pendidikan Karakter dalam Pengelolaan Kelas Sekolah. Sedangkan data sekundernya adalah buku-buku lain yang relevan dengan judul skripsi ini.Temuan penelitian ini adalah: pertama, konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona; adalah sebuah usaha sungguh-sungguh yang melibatkan tiga aspek dalam peserta didik meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik untuk membimbing para generasi muda menjadi cerdas dan memiliki perilaku yang baik dan berbudi. Dan terdapat tiga komponen penting dalam membangun pendidikan karakter yaitu moral knowing, moral feeling dan moral action. Kedua,implementasi konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dalam sekolah. Menurutnya dalam menerapkan konsep itu sebaiknya dimulai pengajaran karakter mengenai rasa hormat dan tanggung jawab yang dapat menjadi langkah awal dalam pemahaman akan seluruh nilai-nilai kebajikan. Dan konsep tersebut diimplementasikan melalui 12 pendekatan sebagaimana yang dijelaskan Thomas Lickona.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendy, Faisalfendymoker@gmail.comD01212012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Konsep; pendidikan karakter; perspektif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Efendy Faisal
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:02
Last Modified: 12 Nov 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item