IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD AL-FALAH TROPODO 2, WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Matrasi, Matrasi (2011) IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD AL-FALAH TROPODO 2, WARU SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana hakekat pendidikan karakter di SD al-Falah Tropodo 2 ? 2. Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di SD al-Falah Tropodo 2 ? 3. Mengapa pendidikan karakter menjadi urgen untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran di SD al-Falah Tropodo 2?
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana hakekat pendidikan karakter di SD al-Falah Tropodo 2. 2. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di SD al-Falah Tropodo 2. 3. Untuk mengetahui urgensi pelaksanaan pendidikan karakter di SD al-Falah Tropodo 2
Penelitian tentang implementasi sistem pendidikan karakter dilakuklan di SD al-Falah Tropdok 2, Waru Sidoarjo dengan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologik, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik (1) kredibilitas, (2) dependabilitas, (3) konfirmabilitas, dan diskusi dengan teman sejawat atau sesama peneliti. Kemudian data di analisa dilakukan dengan analisis interakrtif, yakni konseptualisasi, kategorisasi yang dikembangkan atas dasar kejadian secara simultan, kemudian direduksi (reduction), penyajian data (display) selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan (conclution) secara terus menerus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakekat pendidikan karakter di SD al-Falah bertujuan untuk membekali agar memiliki akhlak mulia serta berpengetahuan optimal, pelaksanaan pendidikan karakter di SD al-Falah Tropodo 2 dimasukkan pada seluruh kegiatan siswa baik disekolah maupun dirumah termasuk dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler dengan pendekatan keteladanan, kedisiplinan, dan pembiasaan.
Sedangkan urgensi pelaksanaan pendidikan karakter di SD al-Falah Tropodo 2 adalah karana menanamkan nilai-nilai kebaikaikan kepada anak berusia dini dianggap paling mudah karena belum terpengaruh oleh lingkungan, selain itu, anak adalah merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan
Dari penelitian tentang implementasi pendidikan karakter tersebut, maka tesis dari penelitian ini adalah dengan memasukkan nilai-nilai pada seluruh kegiatan siswa baik disekolah maupun dirumah dengan menggunakan buku penghubung sebagai sarana untuk terlaksananya pendidikan karakter dengan pendekatan segi muda bertiga

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Matrasi, MatrasiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Pendidikan Karakter;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2012
Last Modified: 07 Apr 2015 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9586

Actions (login required)

View Item View Item