PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL DENGAN MENGAPLIKASIKAN TUJUH KOMPONEN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK SMP KELAS VIII PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amali, Salwa (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL DENGAN MENGAPLIKASIKAN TUJUH KOMPONEN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK SMP KELAS VIII PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan daya saing bangsa di forum internasional melalui bidang pendidikan, dilakukan pemerintah dengan menyelenggarakan program pembelajaran bilingual. Pembelajaran bilingual didesain agar siswa dapat mencapai dua kompetensi utama, yakni kemampuan memahami konten mata pelajaran dan kemampuan untuk mengkomunikasikan ide/gagasan belajar dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Di lain pihak untuk menghindari pembelajaran yang konvensional, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sehingga siswa tidak hanya menguasai sejumlah materi pelajaran, tetapi juga dapat mengembangkan gagasan dan ide-ide berdasar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Alternatif model pembelajaran yang tepat dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran kontekstual, yang dapat membantu siswa mengaitkan konten pelajaran dengan konteks kehidupan nyata.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan (Four D Model) yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahap, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bilingual dengan mengaplikasikan tujuh komponen pembelajaran kontekstual pada materi luas permukaan prisma dan limas untuk kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, buku siswa, dan LKS, dinilai berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Perangkat ini diujicobakan secara terbatas pada 33 siswa kelas VIII A SMP Bilingual Terpadu Krian tahun ajaran 2011/2012.
Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut: 1) Masing-masing perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapat penilaian dengan kategori sangat valid, 2) Rata-rata total penilaian untuk masing-masing perangkat adalah 4,23 untuk RPP, 4,04 untuk buku siswa, dan 4,20 untuk LKS, 3) Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, 4) Aktivitas guru dan siswa dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal dalam RPP), 5) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif (93% terlaksana dengan nilai 3,41), 6) Respon siswa memenuhi kriteria efektif (70% atau lebih siswa merespon dalam kategori positif, 7) Hasil belajar siswa tidak memenuhi batas ketuntasan secara klasikal (57,57%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amali, SalwaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Bilingual; Kontekstual; Prisma; Limas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 07 Apr 2015 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9640

Actions (login required)

View Item View Item